Dunia Online Sediakan Profesi, Karir, dan Pekerjaan Alternatif Bagi Anak Muda Indonesia

oleh | 27 May 2019 | 0 Komentar

Sekarang ini proses membangun profesi, karir, dan pekerjaan bagi yang baru lulus sarjana penuh tantangan. Jumlah lulusan yang semakin banyak  membuat lapangan kerja menjadi semakin sempit, tapi sesungguhnya hal ini tidak perlu menjadi masalah karena perkembangan teknologi bisa menjadi solusi.

Dunia online atau lebih dikenal dengan internet, adalah tempat yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para anak muda modern sekarang atau generasi milenial. Melalui kekuatan internet, banyak kesempatan terbuka  untuk mendapatkan pekerjaan baru yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Pekerjaan seperti menjadi penghibur tanpa harus jadi artis dimungkinkan dengan membangun karir sebagai YouTuber. Atau bisa juga menjadi penjual di toko online tanpa memiliki bangunan toko fisik.

Pekerjaan tersebut tentu menjanjikan sebagai sumber penghasilan baru dan karir yang bisa dirintis.  Di sisi lain, banyak juga peluang pekerjaan kantoran yang terbuka saat ini berkat internet. Seperti, menjadi admin akun media sosial perusahaan ataupun menjadi petugas maintenance server untuk website perusahaan. Pekerjaan seperti ini tentu makin banyak dibutuhkan karena pesatnya perkembangan internet.

Jika anak pemuda ingin profesi dengan gaji besar, internet bisa jadi tempat yang baik untuk berkembang dan bekerja. Banyak cerita sukses sudah muncul dari pekerjaan modern di internet.  Mulai dari pedagang sukses dengan platform toko online besar, content creator dengan video viral, dan bahkan musisi yang merilis album tanpa butuh promoter, hanya mengandalkan platform musik seperti Spotify dan SoundCloud.

Pengaruh Perkembangan Internet Terhadap Lapangan Kerja

Perkembangan dunia online semakin cepat dari tahun ke tahun.  Berbagai pekerjaan baru muncul. Mulai dari penyedia barang dan jasa yang selalu muncul versi baru-nya di internet hingga platform transportasi. Contoh saja popularitas ojek online. Perkembangan bisnis ojek yang sudah lama eksis, kini menjadi populer di seluruh Indonesia karena penggunaan platform teknologi baru yang dikembangkan oleh Gojek.

Gojek menerapkan teknologi network, GPS, dan juga aplikasi melalui telpon genggam. Hal ini membuka peluang baru, bukan saja untuk anak muda yang belum bekerja, tapi juga untuk generasi yang lebih tua yang menginginkan pendapatan lebih.Tukang ojek mendapat pelanggan baru dengan basis jangkauan yang lebih luas, sementara itu pelanggan dimudahkan mendapatkan ojek atau taksi melalui aplikasi online.  Selain lapangan kerja untuk banyak tukang ojek, kantor ojek online ini juga tentunya membutuhkan staff customer service dan juga bidang-bidang baru lainnya. Hal ini tentu membuat banyak lapangan pekerjaan terbuka tidak hanya untuk para sarjana lulusan baru tapi juga untuk banyak orang lain yang masih mencari pekerjaan.

Internet memberikan kesempatan bagi orang yang kreatif untuk memulai banyak usaha mandiri. Sekarang ini mudah sekali membuat start-up dengan memanfaatkan teknologi internet dan belajar bahasa program.  Mulai dari start-up bidang pertanian, perdagangan, jasa hingga bidang industri kreatif yang tentunya unik dan menarik untuk dicoba.

Perkembangan lapangan kerja yang makin luas dimungkinkan juga karena industri teknologi internet mendapat dukungan dari pemerintah.  Banyak kompetisi mulai dari tingkat lokal universitas hingga nasional diadakan, dengan dukungan dana pemerintah, sehingga makin banyak muncul ide-ide start-up. Kompetisi ini sepertinya selalu ada tiap tahun dan membawa kesempatan lebih dekat bagi mahasiswa ataupun anak muda yang ingin unjuk gigi dan ingin  sukses. Jika tertarik soal ini, Anda cukup browsing di internet untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Kelebihan Membangun Karir di Dunia Internet

Banyaknya profesi, karir, dan pekerjaan yang hadir berkat internet ini tentunya lebih menarik bagi anak-anak muda. Kesempatan kerja yang besar membuat banyak mahasiswa yang mencari pengetahuan sampingan soal IT ataupun bisnis online. Hal ini banyak digunakan oleh mahasiswa untuk persiapan setelah lulus. Memiliki skill set yang tepat demi lapangan kerja modern ini tentu membawa harapan baru. Contohnya, bekerja di perusahaan internet besar, memulai start-up, ataupun sekedar wirausaha sebagai penulis buku melalui online atau penyedia content creator.

Jika Anda takut karena peluang kerja perusahaan besar berbasis teknologi internet penuh persaingan atau tidak punya modal untuk membangun start-up, Anda bisa ambil jalan wirausaha dengan memanfaatkan platform internet.  Wirausaha dalam platform seperti blog, media sosial, ataupun platform lain tentu bisa dicoba dengan hanya modal kemauan menulis dan belajar secara otodidak.

Jalan karir seperti ini  pasti ada tantangan tersendiri.  Di sisi lain, pekerjaan ini juga menawarkan fleksibelitas karena membuka peluang kerja di rumah yang pasti dicari banyak orang.  Contoh saja bagi para ibu rumah tangga yang harus mengurus rumah, anak dan suami, bisa mendapatkan penghasilan sampingan hanya dengan membuat blog dan video tentang resep masak Anda sehari-hari.

Hal seperti ini seringkali dipandang remeh bagi orang yang tidak tahu, padahal jika sukses dan menjadi terkenal, Anda bisa membuka koneksi lebih besar untuk pendapatan lain.

Coba Anda bayangkan jika ibu rumah tangga ini menjadi viral dan mendapat audience yang besar. Si ibu yang tadinya tidak berpenghasilan sebagai ibu rumah tangga, bisa mendapat banyak uang dengan hanya menggunakan Adsense di blog ataupun YouTube. Jumlah audience dan fans yang banyak juga membuka kesempatan si ibu untuk menjual merchandise ataupun buku resep sendiri.

Disamping itu, popular si Ibu ini mengundang perusahaan-perusahaan besar sehingga ia bisa menjadi pengiklan atau influencer dengan bayaran yang pastinya lumayan.  Si ibu itu jika mau, juga bisa menerima sponsor dari produk-produk makanan yang digunakan di video masakannya. Hal seperti kecap, saus, bumbu masak, dan bahan lain yang digunakan si ibu ini bisa jadi sumber pendapatan jika menggunakan produk dari sponsor.  Tentunya ia harus memiliki jumlah views dan click yang tinggi dalam resumenya.

Tantangan yang Dihadapi dalam Karir Online

Munculnya beragam profesi di Indonesia yang bergantung pada teknologi internet dan dunia online akan semakin terus bertambah. Bisnis-bisnis baru dari dunia start-up bisa menjadi trend karier baru di tanah air. Contoh saja topik e-sports dan games yang baru-baru ini hot karena debat presiden beberapa waktu lalu. Hal yang tampaknya sebagai hobi tapi jika ditekuni lebih dalam bisa menjadi sumber penghasilan.

Walaupun begitu, seperti yang terjadi pada topik e-sports pada debat tersebut, jejak karier modern seperti ini masih di pandang sebelah mata oleh banyak orang. Peluang kerja melalui internet sangat luas dan tentunya jalan untuk membangun karir memerlukan eksperimen dan trial-error. Karena tetap dibutuhkan dedikasi dan kemauan untuk terus mendalami bidang baru tersebut.  Komitmen, tanggung jawab, dan ketekunan menjadi hal penting untuk berhasil dalam karir di dunia internet.

Masih terngiang pada awal kemunculan ojek online, protes tukang ojek tradisional dan para tukang angkutan lain terhadap sistem modern ini sangat keras. Perkelahian dan keributan juga sering terjadi. Walaupun begitu, para pengusaha muda yang pantang menyerah ini akhirnya membuat ojek online menjadi salah satu pilihan kendaraan yang lebih baik.

Anda juga harus terbuka menerima perubahan dan pengalaman baru yang muncul.  Walaupun profesi, karir, dan pekerjaan tersedia banyak, masyarakat belum tentu paham dan mau menerimanya. Namun demikian, hal ini sewajarnya dijadikan tantangan dibandingkan sebagai hambatan.  Anak muda sekarang harus bisa menyesuaikan diri dan terus belajar dari banyak kejadian atau peristiwa sebelumnya. Ada baiknya juga pengusaha muda dibidang ini membangun bisnis dengan bantuan business coach atau executive coach agar semakin terarah dan yakin dalam membangun bisnis.

Namun yang paling penting semangat, kemauan untuk terus berjuang, dan tidak mudah menyerah bisa menjadi bekal sukses untuk memulai  usaha atau bisnis melalui online atau karir di dunia internet.  Bahkan karir di dunia ini menjadikan kesuksesan yang melebihi sukses dalam karir-karir konvensional lainnya.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.