Karir di Era Milenium

oleh | 8 January 2009 | 0 Komentar

Karir saat ini sangat berbeda dengan karir 20 tahun lalu. Dahulu karir didefinisikan sebagai step by step menuju puncak manajemen di sebuah perusahaan. Karir di analogikan sebagai anak tangga yang harus dinaiki satu persatu melalui beberapa jabatan atau posisi untuk dapat mencapai puncak.

Kini karir bermakna lebih luas. Dan yang paling berperan atas keberhasilan karir, adalah kita sendiri. Bukan perusahaan atau organisasi tempat kita bekerja. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengambil alih tanggung jawab karir di pundak Anda sendiri, jika tidak ingin tertinggal dalam perkembangan dunia yang semakin cepat ini.

Untuk dapat mengelola karir dengan baik, kita perlu mengenali model-model karir di abad ini sehingga kita tahu kemana kita ingin mengembangkan diri.

Berikut ini lima model karir millenium baru berdasarkan pendekatan Biolos (2004);

  1. Experts, Anda dikenal karena apa yang Anda ketahui dan pahami dengan mendalam. Tipe ini menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun keahlian dengan berfokus pada area yang spesifik yang diinginkannya.
  2. Traditionalists, Anda berupaya keras untuk mencapai posisi ?executive? di perusahaan. Tipe ini juga mengembangkan keahlian untuk mengenali dinamika politik kantor yang dibutukan untuk mencapai posisi tinggi di manajemen.
  3. Portfolio managers, Anda senang menjalani hidup Anda dengan beragam pengalaman kerja, ketrampilan, dan pencapaian-pencapaian. Tipe ini mendapatkan semua hal tersebut dengan bekerja pada banyak perusahaan yang berbeda dari setiap tahapan karir mereka.
  4. Planful Entrepreneurs, Anda memilih untuk bekerja di perusahaan-perusahaan skala besar dan menengah untuk beberapa waktu dari perjalanan karir Anda, namun Anda terus mempertajam ketrampilan-ketrampilan dan keahlian tertentu yang Anda inginkan. Selanjutnya tipe ini akan memulai bisnis mereka sendiri – dan seringkali dalam industri yang berkaitan.
  5. Spontaneous Entrepreneurs, Anda menemukan passion Anda dan secara spontan berupaya mewujudkan ide Anda tersebut dalam sebuah bisnis. Tipe ini rela mengorbankan kenyamanan dan pekerjaan yang stabil untuk membangun bisnis mereka.

Inilah lima model karir millenium baru. Dimanakah Anda?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.