Kembangkan karirmu!

oleh | 21 April 2012 | 0 Komentar

Untuk Anda yang baru memulai karir maupun yang telah menjalaninya bertahun-tahun, berikut adalah tips untuk meningkatkan karier ke depan. Kunci awalnya adalah kepedulian pada diri sendiri dan mengambil tanggung jawab karier sendiri. Selanjutnya, mari simak 5 tips sederhana berikut:

1. Pembelajaran terus menerus. Perubahan merupakan hukum pasti dalam kehidupan, konsekuensinya manusia pun terus mencari cara baru baik yang bersifat gradual maupun yang terasa radikal. Lihatlah bagaimana perubahan pola komunikasi yang berlomba dengan kecepatan cahaya.

2. Bertanya, mendengar dan belajar. Siapa yang mampu menjadi pendengar yang baik, ia akan mendapatkan banyak keuntungan. Jangan ragu bertanya pada atasan, rekan kerja, anak buah, senior bahkan klien. Jangan salah, banyak orang yang akan dengan senang hati berbagi informasi atau pengalaman mereka.

3. Optimal. Pekerjaan saat ini mungkin menjadi pijakan awal untuk karir ke dapan. Bicarakan dengan atasan dan mintalah saran pengembangan yang diperlukan. Tindakan proaktif ini mampu memberikan nilai positif, terlebih jika dapat membuktikan nilai lebih sebagai pekerja yang handal. Diskusi juga dapat dilakukan dengan rekan kerja untuk mendapatkan umpan balik dan tips pengembangan hingga lebih optimal.

4. Membangun jejaring kerja. Karir selanjutnya mungkin saja berawal dari jejaring kerja yang telah dirintis sekian lama. Sediakan waktu untuk mengembangkan jalinan jejaring kerja yang baru dengan aktif mengikuti event baik yang terkait langsung dengan pekerjaan maupun yang tidak langsung namun dapat memberikan nilai tambah. Cara lain adalah dengan membangun hubungan baik dengan klien, vendor atau pihak sejenis. Dunia semakin sempit, dan bukan tidak mungkin mereka dapat menjadi rekan kerja di masa mendatang. Selain itu, jejaring kerja juga memungkinkan interaksi informasi yang up to date.

5. Wujudkan mimpi. Jangan tenggelam dalam kesibukan kerja. Jika memiliki mimpi atau tujuan yang lebih tinggi, segera lakukan dengan perencanaan yang matang. Misalnya, melanjutkan pendidikan, mendapatkan pekerjaan impian, membangun usaha sendiri dan sebagainya.

Semoga bermanfaat 🙂

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.