Mengambil keputusan secara kreatif

oleh | 1 July 2011 | 0 Komentar

Siapa di antara Anda yang pernah mendengar teknik menghitung kancing kemeja saat ujian? Atau Anda sendiri pernah punya pengalaman ?seru? ini saat di bangku sekolah? Psychology.com mencatatkan beberapa cara kreatif dan tidak biasa dalam mengambil keputusan, mungkin bisa menyegarkan pikiran Anda.

1. Melempar koin. Amati benar bagaimana reaksi pertama ketika melihat permukaan koin yang terbuka. Jika ternyata pilihan yang salah yang terbuka, Anda akan merasa kecewa tentunya.

2. Role-play. Ajak kawan atau pilihlah benda untuk mewakili tiap aspek keputusan berbeda. Apa yang terepresentasikan? Coba amati dan analisis.

3. Meditasi. Ketika pikiran Anda dalam kondisi tenang, kemungkinan besar solusi/ keputusan itu akan mengalir dengan lancar.

4. Gambar. Gambarkan tiap pilihan secara visual. Gambaran yang paling menarik mungkin menjadi keputusan yang paling jelas.

5. Tidur. Hingga saat ini, jeda dengan tidur masih memberikan pilihan solusi terbaik, karena fenomena eureka terjadi saat kita relaks.

6. Mimpikan. Tulislah di secarik kertas tentang masalah atau pilihan yang ada di benak Anda. Jika Anda bermimpi, coba analisis mimpi tersebut, mungkin ada satu petunjuk yang paling tepat.

7. Menarilah. Coba buat tarian untuk tiap pilihan, bukan berarti menjadi koreografer. Bayangkan tiap pilihan dan biarkan tubuh Anda menari, rasakan ritme yang terbentuk secara spontan itu. Tarian yang paling mengalir, mungkin itulah pilihan (keputusan) yang paling tepat.

8. Menyanyilah. Mirip dengan tarian di atas, namun kini biarkan mengalir lewat senandung atau alunan. Anda akan terkejut mendengar nada yang mengalir untuk tiap pilihan.

Delapan pilihan kreatif sebenarnya memberikan kesempatan pada diri kita untuk seintensif mungkin mengoptimalkan insting dan diri secara menyeluruh. Seringkali tanpa disadari sebenarnya kita telah menginginkan atau mengetahui keputusan/solusi dari masalah yang ada. Berkomunikasi dengan tubuh, pikiran, hati, atau diri sendiri adalah cara alami.

Berminat mencoba?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.