Paradoks si Kreatif

oleh | 20 April 2010 | 0 Komentar

Pernahkah Anda mendengar nama Mihaly Csikzentmihalyi (baca: “cheek-sent-me-high-ee”. Originally Mih?ly Cs?kszentmih?lyi). Profesor Psikologi Universitas Chicago asal Hungaria dengan teorinya ?Flow?.

Flow merupakan pengalaman psikologis optimal seseorang. Kapan kita mengalami flow ini? Pada saat kita berkonsentrasi atau sepenuhnya terserap dalam suatu aktivitas dan situasi. Csikzentmihalyi menyatakan, ?being completely involved in an activity for its own sake. The ego falls away. Time flies. Every action, movement, and thought follows inevitably from the previous one, like playing jazz. Your whole being is involved, and you’re using your skills to the utmost.”

Lupa waktu, asyik di depan laptop, mata tidak lepas dari layar monitor, seakan tidak mengenali sekitar, dsb. Pernahkah Anda merasakan pengalaman tersebut? Saya yakin kita pernah begitu asyik melibatkan diri secara penuh bahkan tanpa menyadari atau sengaja menciptakan kondisi ini. Seperti seorang yang sedang asyik bermain game online atau permainan komputer lain. Namun kondisi ini juga ada pada setting serius seperti bekerja, termasuk belajar formal di lembaga pendidikan (sebagai siswa ? mahasiswa).

Csikzentmihalyi tidak hanya menarik karena namanya, namun juga pembahasannya tentang flow dan kreatif. Satu artikelnya di www.psychologytoday.com/Oktober 2008, yang cukup lama namun masih menarik disimak adalah ia menemukan adanya paradoks pada orang kreatif. Ia sendiri memandang kreativitas sebagai central source of meaning in our lives. Dalam 30 tahun studinya tentang orang-orang kreatif, berikut 10 poin menarik tentang mereka:

1. Memiliki energi besar sekaligus bisa menjadi begitu ?tenang?. ?This does not mean that creative people are hyperactive, always ?on?, in fact, they rest often and sleep a lot?

2. Cerdas sekaligus naif pada saat yang sama. ?Another way of expressing this dialectic is the contrasting poles of wisdom and childishness?

3. Kombinasi antara main-main dan disiplin, bertanggungjawab dan tidak bertanggung-jawab. ?Despite the carefree air that many creative people affect, most of them work late into the night and persist when less driven individuals would not?

4. Antara imajinasi dan fantasi juga berakar pada sense of reality. ?Great art and great science involve a leap of imagination into a world that is different from the present?. Terlalu banyak alternatif dalam menyikapi masalah, dominan dengan pola pikir divergen, namun konvergen (sistematis) juga ada untuk eksekusi akhirnya.

5. Ekstrovert juga introvert yang ditunjukkan secara simultan. Ini dia, kalau Anda sering mendapat pertanyaan berulang dari teman dekat yang bingung apakah introvert atau ekstrovert, artinya ? indikator kreatif! Hehehe?

6. Rendah hati dan ?sombong? pada saat yang sama. Sadar diri adanya faktor keberuntungan namun juga puas dan bangga menyadari memiliki pencapaian tertentu/khusus dibandingkan orang lain/kebanyakan.

7. Melampaui stereotipe gender. Studi menunjukkan anak perempuan kreatif lebih tampil dominan dan tangguh dibandingkan teman-teman perempuannya, sementara anak laki-laki lebih sensitif dan kurang agresif dibandingkan teman-teman laki-lakinya. Hmm?

8. Pemberontak juga konservatif. Internalisasi suatu bidang menjadi modal dan gerbang awal, namun hanya memiliki perspektif tradisional tentu membelenggu munculnya hal-hal baru. Penguasaan dan keberanian untuk mengambil resiko menjadi rumusan sempurna untuk kreatif.

9. Sangat antusias pada pekerjaannya. ?Most creative people are very passionate about their work, yet they can be very extremely objective about their work?. Amati ketika seseorang bercerita tentang pekerjaannya/ bidang yang ditekuninya, apakah matanya berbinar, intonasi penuh semangat, juga melakukan hal-hal ?gila? untuk mencapai standar suksesnya.

10. Berada di antara situasi yang mudah membuat merasa menderita namun juga senang. ?When an artist has invested years in making a sculpture, or a scientist in developing theory, it is devastating if nobody cares?. Menikmati ?kesendirian? dengan keasyikannya mengeksplorasi lapisan-lapisan kecil bidang yang menjadi minatnya. Menjadi pusat perhatian yang berpeluang mendapatkan tepukan tangan atau cibiran.

Sering tidur pagi, larut dalam kondisi flow, sangat antuasias menekuni pekerjaan, agak-agak sombong ? hehehe.. Berapa paradoks yang sudah kita punya sebagai orang kreatif?

By the way ?sudahkan Anda lancar mengucap nama Csikzentmihalyi?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.