Dare to be Different!

oleh | 30 November 2008 | 0 Komentar

Siapa berani tampil beda? Berdasarkan penelitian psikologi pada dasarnya manusia senang meniru manusia lainnya, tapi hanya sedikit manusia yang berani tampil beda dari manusia lainnya. Berani tampil beda tidak saja mensyaratkan berbeda secara kasat mata dari rata-rata orang pada umumnya, tetapi juga tampil beda dalam artian mentalitas.

Orang yang berani tampil beda, baik secara kasat mata maupun mentalitas, berarti memiliki konsep yang utuh tentang perbedaan yang dimunculkannya pada orang lain. Ini berarti, ia mengembangkan perbedaan yang sedemikian rupa sehingga membuat orang lain yang melihatnya berpikir ?hmm..boleh juga saya ikuti’ terhadap perbedaan yang dimunculkannya tersebut.

Orang yang berani tampil beda dalam kategori ini, menunjukkan bahwa ia orang benar-benar memahami apa yang diinginkannya dan tahu bagaimana kelanjutan dari perbedaan yang dibuatnya tersebut. Jadi percayalah suatu saat nanti orang yang berani tampil beda dalam kategori ini akan ditiru dan diikuti oleh manusia lain karena perbedaan yang ditimbulkannya tersebut. Inilah yang disebut dengan pionir.

Namun demikian, menjadi pionir tidak hanya mensyaratkan berani tampil beda saja, tetapi juga gabungan dari banyak faktor lain diantaranya, openness, uniqueness dan kreatifitas. Seringkali orang-orang yang berkecimpung di dunia seni menunjukkan kreatifitas dengan senang berpenampilan berbeda dari rata-rata orang pada umumnya. Namun tidak berarti kreatifitas ini hanya milik orang-orang yang ada di dunia seni saja. Anda yang berada di dunia lain (baca: dunia kerja yang lain) juga memiliki peluang untuk tampil beda.

Saat ini keberanian untuk tampil beda, sangat dibutuhkan untuk membuat hidup menjadi bervariasi dan lebih indah, disamping juga untuk meningkatkan kinerja. Untuk hal yang terakhir, terutama berlaku dunia kerja. Manajemen akan melihat perbedaan yang Anda munculkan, dan jika perbedaan itu memang unik dan bermanfaat, percayalah manajemen akan memperhatikan Anda.

Nah, untuk memunculkan perbedaan Anda dengan rekan kerja Anda yang lain, Anda tidak harus melakukannya dari sisi penampilan saja . Tapi berupayalah agar Anda terlihat berbeda dari dari aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari di kantor.

Memberikan ide-ide yang orinisil dan kocak kepada manajemen, menjalankan proyek yang sulit dengan riang gembira, meminta tugas tambahan, membangun jejaring sosial dengan orang-orang yang dicap ‘aneh’ di kantor Anda, mempelajari hal-hal baru yang tidak umum tapi Anda senangi dan membaginya dengan rekan kantor, menjadi sukarelawan di kantor, membuat kelompok pertemanan yang memiliki hobbi yang ‘nyeleneh’, hanyalah sebagian dari berani tampil beda yang dapat Anda tunjukkan di kantor Anda. Berkreasilah dengan hal ini.

Nah, jika Anda pencari kerja, buatlah resume yang berbeda dari resume pada umumnya, misalnya dengan membubuhkan stempel diri yang unik di atas tanda tangan Anda dengan motto atau values Anda pada stempel tersebut. Membuat kartu nama pribadi dengan jabatan calon manajer profesional. Perusahaan yang pasti memperhatikan perbedaan yang Anda timbulkan tersebut.

Namun demikian, yang perlu Anda ingat adalah Anda harus merasa nyaman dalam melakukan hal-hal ‘aneh’ tersebut, ini berkaitan dengan yang disebut mentalitas tadi. Dengan nyaman melakukannya, Anda menjadi lebih yakin dengan apa yang Anda lakukan dan membuat Anda menjadi lebih berani untuk mengambil tindakan. Dan jangan lupakan faktor lingkungan sangat berperan dalam hal ini, jadi lihat-lihat situasi sebelum berencana membuat perbedaan.

Jadi, siapa takut tampil beda?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.