Hai StartUp Indonesia!

oleh | 2 December 2013 | 0 Komentar

it's my startupJudul: It’s My StartUp: 50 Tips Memasuki, Memulai, dan Mengembangkan Bisnis Startup
Penulis: Lahandi Baskoro
Halaman: 173
Harga: Rp.32.000,-
Penerbit: Metagraf, Tiga Serangkai, Solo
Peresensi: Andin Andiyasari

Anda tertarik untuk memulai sebuah startup atau sedang menjalankan bisnis startup? Ini salah satu buku yang bisa dibaca dalam sekali duduk. Ringan, ‘to the point’, dan inspiratif, terutama untuk Anda yang sedang mengembangkan startup dan membutuhkan dorongan untuk maju. 

Apakah startup?

Startup adalah organisasi rintisan yang biasanya menggunakan unsur teknologi informasi pada produk/jasanya dan berusaha mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang. Jika tidak bernuansa teknologi informasi biasanya disebut UKM (Usaha Kecil dan Menengah).   Definisi ini saya ringkaskan berdasarkan isi di halaman satu.  Jadi jika masih ada yang belum tahu apa itu startup, sekarang sudah bisa membedakan mana startup dan mana UKM :D.

Sebagaimana judulnya,  isi buku ini merangkum 50 tips mulai dari tips pertama, yakni passion hingga tips ke-50, build culture. Saya setuju dengan penulis yang menempatkan  Passion sebagai tips pertama, mengingat bahwa hal terpenting untuk terus berjuang adalah komitmen, maka passion, — yang secara ringkas dapat dimaknai mengerjakan sesuatu dengan cinta –, akan menjadikan komitmen lebih mudah dijalankan.  Ingat, menjalankan startup tidak pernah mudah dan ini adalah sebuah perjalanan panjaaaang, pasti akan melelahkan sekali bila dilakukan tidak atas nama cinta.

Sepanjang membaca buku ini, saya seringkali berkelana dengan pikiran sendiri sambil merenungkan tips-tips yang saya baca, mungkin itu yang ingin dibangun oleh penulisnya sebagaimana setiap pembahasan dapat berpindah dari satu topik ke topik lain secara bebas dan pembaca sendiri yang menentukan mana tips yang paling tepat untuk dirinya.  Saran saya, jangan terganggu dan nikmati saja proses membacanya…

Terlepas bahwa hampir sebagian besar lembaran buku  tidak memiliki halaman (tidak semua) dan hanya ditandai dengan tanda # diikuti angka yang menunjukkan tips ke-sekian, sehingga agak menyulitkan jika ingin mencari halaman berdasarkan daftar isi yang tersedia, buku ini cukup mencerahkan.   Salah satu pencerahan yang saya dapatkan adalah kata-kata bijak dari orang-orang yang telah berhasil mengembangkan bisnis dikaitkan dengan tips yang sedang dibahas, membuat saya dapat merasakan ‘sense’ nya.

Untuk saya sendiri, tips yang saya paling suka adalah tips #4 dan  #32.  Kalau mau tahu isinya silahkan beli bukunya :).  Salam.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.