How to Prepare Your Curriculum Vitae

oleh | 13 February 2009 | 0 Komentar

cara membuat cvJudul Buku: How to Prepare Your Curriculum Vitae.
Penulis: Acy L. Jackson and Kathleen Geckeis
Penerbit: VGM Career Book
Peresensi: Tim Konsultan Karir

Buku ini adalah buku kerja yang sangat membantu dalam mempersiapkan sebuah Curriculum Vitae (CV) yang lengkap, sekaligus powerful. CV adalah deskripsi biografis tentang latar belakang pendidikan dan pekerjaan seseorang.

Beda dengan reseume yang lebih singkat berisi rangkuman dari pengalaman kerja dan pendidikan tersebut.

Asal kata curriculum vitai adalah bahasa Latin yang berarti “jalan karir atau kehidupan seseorang.” Karena itu, CV berisi informasi detail tentang latar belakang akademik seseorang, pengalaman profesional, publikasi, dan seterusnya.

Sepanjang buku penuh dengan lembar isian untuk mempersiapkan CV disertai juga dengan beberapa contoh untuk setiap bagian.

Bagian pertama “Getting Started” mempersiapkan dimensi emosional dalam membuat sebuah CV.

Bagian kedua “Identifying Competencies and Skills” membantu kita membuat daftar kompetensi dan keahlian (skill) kita. Kompetensi dapat didefinisikan sebagai hal yang kita ketahui sebagai hasil pendidikan dan pelatihan. Kompetensi bisa meliputi bidang pengetahuan seperti dalam disiplin ilmu tradisional, seperti:

– Akuntansi
– Komunikasi
– Bahasa
– Matematika
– dll

Skill, mencerminkan apa yang kita lakukan dengan pengetahuan kita, atau tingkatan bagaimana kita mengerjakan kompetensi kita, misalnya:

– Kemahiran berbahasa tulisan/lisan
– Observasi
– Analisa
– Improvisasi
– Pengambilan keputusan
– dll

Bagian ketiga “Preparing your Curriculum Vitae” membeberkan hal-hal apa saja yang perlu kita siapkan untuk mendukung CV kita.

Bagian keempat “Correspondence for the application Process and Job Search” berisi segala bentuk surat-menyurat yang diperlukan dalam pencarian kerja.

Bagian kelima “Sample Curricula Vitae” berisi contoh-contoh CV yang sangat lengkap. Dua bagian terakhir, bagian enam dan tujuh berisi segala yang perlu diketahui tentang Electronic Curriculum Vitae dan Internatinal curricula Vitae.

Buku ini sangat berguna untuk mahasiswa yang akan segera lulus, mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah, profesional yang butuh mempersiapkan CV, profesional yang butuh meng-update CV-nya, dan profesional yang merencanakan transisi karir.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.