Sulit mendapatkan pekerjaan

oleh | 18 November 2014 | 3 Komentar

Selamat siang,

Saya lulusan Statistika yang pernah bekerja di perusahaan IT Consultant. Memang background pendidikan saya berbeda jauh dengan pengalaman kerja. Saat ini saya sedang mencari pekerjaan lagi, saya sudah menganggur selama 6 bulan. Saya merasa bingung, apakah saya harus mencari pekerjaan sesuai dengan background pendidikan saya atau tetap berada di bidang IT? Saya merasa kemampuan yang saya miliki sekarang ini setengah-setengah dan kurang percaya diri. Saya pernah melamar ke perusahaan di bidang Statistical Reseach tetapi saya merasa sudah tidak menguasai statistika seperti dulu lagi. Kemudian saya juga mencoba melamar ke perusahaan di bidang IT, saya juga mendapat kesulitan karena saya juga memiliki pengetahuan yang kurang dibandingkan lulusan IT.

Saya mohon saran dari ibu, agar dapat mengatasi masalah saya ini dan saya dapat memantapkan diri untuk fokus kemana. Karena saya merasa saya sudah terlalu lama menganggur dan merasa ragu dengan yang saya jalani saat ini.

Terima kasih

Dear Shiela,

Terima kasih telah menghubungi Konsultankarir.com. Mungkin pertanyaan pertama yang perlu kamu renungkan adalah, Apakah kamu menyukai statistik? Di bidang apa, antara statistik dan IT, kamu lebih menemukan passion? Walaupun sebenarnya kedua bidang itu sebenarnya sangat saling terkait.

Membaca email Shiela, saya menyarankan Shiela menekuni kembali statistik yang pernah dipelajari waktu kuliah, menghubungkannya dengan perkembangan terbaru di dunia teknologi dan digital. Saat ini mulai banyak perusahaan Indonesia menyadari pentingnya data dan analisa data, di situlah seorang ahli statistik bisa berperan. Di luar negeri mulai terjadi kelangkaan tenaga ahli ini, karena demand lebih tinggi daripada supply. Di Indonesia, suatu saat kondisi tersebut mungkin saja terjadi, dan pada saat itu perusahaan-perusahaan akan berebutan merekrut orang-orang yang pandai dan berpengalaman menganalisa data. Apakah kamu mau menjadi salah satu di antaranya? Mulailah dari sekarang.

Selamat mencoba, semoga membantu.

Meisia Chandra

Lihat profil Our Kaka di sini

Share this post :

There are 3 comments .

Ilham —

Dear konsultasikarir, saya adalah mahasiswa Teknik Informatika. Orang tua saya memberikan saran untuk melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen.
Matakuliah Manajemen, Pemodelan Proses Bisnis dan Sistem Informasi yg mendasari pendapat orang tua bahwa program Magister Manajemen linear dengan studi S1 saya.
Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah program Magister Manajemen linear dengan stusi S1 Teknik Informatika ?

Reply »
    konsultankarir —

    Untuk saat ini yang bisa menjawab dengan spesifik adalah bagian administrasi dan akademik di kampus atau Kemendikbud urusan pendidikan tinggi.
    Setahu saya yang disebut linear, tentunya Teknik Informatika memilih teknik informatika lagi untuk S2 nya atau manajemen informatika.
    Kalau MM, mungkin itu masih semi linear. Untuk pastinya silahkan bertanya pada orang yang tepat

    Reply »
konsultan manajemen sdm

Infonya sangat membantu bagi saya, terima kasih untuk yang sudah bertanya dan yang sudah memberikan jawaban

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.