Pindah Profesi dengan Ijazah Baru

oleh | 11 June 2014 | 0 Komentar

Saya adalah seorang Enginer di suatu perusahaan yang sedang berkembang, namun saya baru satu bulan lulus kuliah jurusan Teknik Industri, setelah saya lulus saya sangat ingin mencari pekerjaan yang baru, khususnya bidang manajemen di industri manufaktur, pengalaman saya adalah teknisi selama 3 tahun dan supervisor marketing selama 1 tahun. Apakah saya sulit untuk memasuki profesi manajemen atau paling tidak saya staff kantor dengan gaji diatas gaji saya yang sekarang? Masalah saya, saya sudah melamar puluhan lamaran via email dan belasan lamaran via surat. Kenapa saya tidak kunjung mendapatkan panggilan. Padahal setiap saya melamar saya sudah menyesuaikan untuk kualifikasi yang diinginkan (membuat surat dan CV yang berbeda-beda untuk tiap perusahaan) dan saya selalu mengoreksi surat lamaran dan CV saya, apakah IPK saya terlalu rendah apabila transkrip saya adalah 2,83 dan ataukah pengalaman saya sebagai enginer memang tidak bisa masuk untuk profesi baru yang saya buru tersebut. Saya juga sering melamar sebagai kepala teknik dan hasilnya belum juga mendapatkan panggilan interview, padahal teman sekampus saya tdk memiliki pengalaman sama sekali sering mendapatkan panggilan dengan IPK 3,2. Apakah IPK ataukah pengalaman yang paling penting.
Mohon pencerahannya, Terimakasih atas bantuannya.

Achmad Nasrulah

Hallo Achmad Nasrulah.

Saya memahami kegalauan yang anda hadapi. Apakah IPK atau pengalaman,
yang paling penting?

IPK yang cukup ditambah pengalaman yang relevan, tentu menjadi kombinasi yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan sebuah peluang disatu Perusahaan. Faktanya, IPK anda (2,8) cukup jauh dibawah IPK teman anda (3,2). Selain itu, pengalaman yang anda sebutkan berbeda dengan bidang yang ingin anda masuki.

Anda katakan bahwa anda telah mempersiapkan surat dan CV yang berbeda-beda, dan selalu mengoreksinya. Dari susunan kalimat yang anda tuliskan, sebagai pembaca saya cukup merasa bingung dengan tata bahasa dan tanda baca yang anda gunakan (sebelum diedit oleh tim Konsultankarir.com). Bisa jadi hal yang sama terjadi pada surat lamaran dan juga CV yang anda kirimkan, sehingga menjadi tidak menarik pihak perusahaan yang anda lamar.

Yang bisa saya sarankan adalah:
1. Perbaiki tata bahasa dan tanda baca anda. Minta rekan anda untuk memberi komentar apa adanya.
2. Perkuat pengaruh anda di perusahaan saat ini melalui prestasi dan relasi. Setelah itu, anda ajukan diri untuk mencoba bidang manajemen di perusahaan yang sama. Anda bisa berharap mendapatkan gaji yang lebih besar. Bila anda berhasil di sini, memasuki perusahaan lain dan mendapatkan gaji lebih besar, akan lebih terbuka untuk anda.
3. Bila anda tetap tidak mendapatkan posisi manajemen di perusahaan saat ini, pelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan manajemen, baik teori dan prakteknya di perusahaan di mana anda bekerja saat ini. Belajar melalui rekan kerja anda.

Demikian. Selamat mencoba.
Terima kasih.

Safrial Guci
Lihat profile: http://www.konsultankarir.com/get-help/our-kaka

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.