S1 Matematika Lanjut S2 Bidang Finance?

oleh | 22 May 2014 | 0 Komentar

Salam untuk para konsultan.

Saya seorang mahasiswi S1 Mipa Matematika di PTN Malang yang (insya Allah) akan segera lulus beberapa bulan ini. Saya memiliki pandangan untuk melanjutkan ke jenjang S2 dengan pertimbangan untuk menambah ilmu saya yang bisa dibilang ‘sangat murni’ dan memperbanyak peluang kerja yang lebih spesifik.

Saya kurang berminat untuk S2 di bidang yang sama karena tidak ada keinginan jadi dosen mendapat materi yang sama dengan S1 saya ( S2 Matematika hampir sama dengan s1 nya).

Beberapa waktu lalu saya ikut pameran pndidikan australia dan disarankan untuk mengambil S2 bidang Business, Finance, atau Professional Accounting (by coursework bukan research). Dan jurusan-jurusan itu memang tidak mensyaratkn S1 yang linier. Setelah saya cari info sendiri dan baca-baca referensi saya tertarik di bidang Accounting.

Bagaimana menurut para konsultan? Ipk saya sekarang 3.78 dan tidak berminat bekerja di bank /asuransi (yang merupakan peluang hampir semua lulusan matematika) karena alasan prinsip pribadi.

Terima kasih.

Salwa

 

Dear Salwa,

Apapun yang Anda pertimbangkan pastikan bahwa Anda tetap terbuka dengan peluang-peluang yang ada di depan.  Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan S2 setelah lulus S1 tentunya hal tersebut memiliki alasan yang kuat seperti yang telah Anda sampaikan.

Terkait dengan pilihan S2 di bidang akuntansi, sudahkah Anda mendapatkan informasi yang lengkap? Misalkan bila Anda mengambil S2 di bidang ini, sementara S1 Anda dari matematika apakah terbuka peluang untuk Anda menjadi auditor atau bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP)?  Karena setahu kami, untuk menjadi auditor, Anda harus berasal dari S1 yang sejalan.  Kecuali Anda hanya ingin menjadi akuntan yang bekerja di perusahaan dan bukan di KAP tentunya hal tersebut tidak bermasalah.

Intinya cari informasi sebanyak-banyaknya dan dapatkan gambaran lebih spesifik dari orang-orang yang telah berkarir di bidang ini, bisa dari keluarga, kenalan, ataupun membaca berbagai profil orang-orang sukses  yang bekerja di bidang akuntansi.  Hal ini pastinya akan menambah ‘modal’ Anda untuk mendapatkan karir impian.

Selamat berusaha, semoga sukses.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.