Pindah Tempat Kerja

oleh | 16 May 2014 | 2 Komentar

Kepada: Konsultansi Karir

Saya bekerja sebagai PNS di salah satu Pemerintah Daerah sebut saja PEMDA L selama 5 tahun dan bergolongan IIIb dan sudah berkeluarga dengan anak 1. Sekarang saya punya keinginan untuk pindah kerja ke Pemerintahan Daerah lain.
Alasan saya ingin pindah karena :
1. Saya pernah menjadi ajudan Kepala Daerah yang lama, dan sekarang PEMDA L saya dipimpin oleh Kepala Daerah baru sehingga saya merasa kurang diperhatikan.
2. Setelah saya tidak menjadi ajudan posisi saya sebagai staf di salah satu bagian dan merasa tidak nyaman karena kurang perhatian dari segi kesejahteraan.

Dengan kondisi diatas saya mencoba untuk masukan lamaran pindah kerja ke PEMDA B yaitu tempat kelahiran saya sendiri dan sudah menerima surat penerimaannya tetapi setelah saya bicarakan kepada mertua saya, mereka tidak setuju dan memberikan saran pindah ke PEMDA T yang dekat dengan domisili mertua kemudian karena saya menghargai saran mertua, saya coba masukan lamaran ke PEMDA T tetapi sudah sebulan saya belum menerima surat penerimaanya.

Saya mohon kepada Konsultansi Karir untuk saran/solusi yang terbaik yang harus saya ambil, apakah saya harus pindah ke PEMDA B atau menunggu jawaban surat penerimaan dari PEMDA T ? karena dengan jalannya waktu saya makin merasa tidak nyaman di kantor saya.

Terimakasih sebelumnya Konsultasi Karir.

Andre

 

Dear Andre,

Setiap organisasi memiliki prosedur masing-masing, dan Anda telah menunjukkan itikad baik mengikutinya. Sebelum Anda memutuskan pada satu pilihan, ada baiknya Anda benar-benar mengenali ketidaknyamanan tersebut. Anda telah menyatakan ‘kurang mendapat perhatian dari segi kesejahteraan’. Akan lebih membantu diri Anda sendiri jika bisa lebih konkret, yang dimaksud dengan segi kesejahteraan.

Mungkin terlalu sensitif untuk diungkapkan dalam forum ini, tetapi setidaknya Anda perlu memperjelas (lebih detil) bagi diri sendiri, dan keluarga (istri). Selain itu, kenali pula kondisi lain yang membuat Anda tidak nyaman dan cobalah mencari alternatif yang bersumber dari diri sendiri untuk membuat nyaman. Hal ini penting, karena kemungkinan menemui situasi/kondisi tidak nyaman selalu ada, termasuki ketika Anda nantinya pindah ke bagian atau PEMDA lain.

Terkait dengan surat lamaran tersebut, carilah informasi untuk menanyakan pada pihak yang tepat di PEMDA T. Diskusikan pula kondisi Anda dengan keluarga dan keluarga besar mengacu pada tujuan di masa depan, tidak hanya kondisi saat ini. Lebih jauh, diskusikan dengan pasangan, tujuan utama Anda bekerja dan berkarier. Tujuan ini akan membantu diri sendiri dan menjadi motivasi untuk tetap kuat mencari jalan keluar ketika menghadapi kondisi sulit atau tidak nyaman.

Kami mohon maaf karena tidak bisa memberikan saran secara konkret, karena Anda sendiri yang mengetahui kondisi di tempat kerja saat ini juga PEMDA T maupun PEMDA B. Semoga bisa membantu, terima kasih.

Berikut adalah beberapa artikel yang mungkin bisa memberikan insight :

http://www.konsultankarir.com/perspective/konsultasi/2009/01/23/dilema-memilih-pekerjaan

http://www.konsultankarir.com/perspective/konsultasi/2012/03/18/cara-medapatkanmengenali-pekerjaan-yang-aman-dan-nyaman

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

There are 2 comments .

Avon

Wah, kaaknya irnonmasifya masih kurang ni mba’ Selvi. Struktur jabatan dari nama kepala daerah + foto n ampe kasubagnya trus eselon 2 nya + foto. Program kerja dari Pemda seluma skr n mungkin progker di setiap dinas nya juga. itu hanya sebuah masukan aja mba’ selvi, tapi kalo bisa sich mesti ada biar semua orang bisa mengenal seluruh jajaran di Pemkab Seluma saat ini .Terima kasih ya mba’ n nice web .

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.