Kenapa saya selalu gagal pada tahapan psikotest?

oleh | 2 May 2014 | 1 Komentar

Nama saya Sri mulyanah berusia 23 tahun, saya sudah pernah bekerja sebagai operator produksi di sebuah pabrik selama 5 tahun, saya ingin sekali bisa merubah dan mengembangkan karir, saya sudah melamar di beberapa perusahaan dan beberapa kali mendapatkan kesempatan u/ mengikuti tes seleksi tapi selalu gagal pada tahapan psikotest. Pertanyaan saya apakah pekerjaan2 yang saya lamar selama ini tidak sesuai dengan saya dan pekerjaan apa yang sekiranya cocok dengan saya selain pekerjaan operator produksi?

 Sri Mulyanah 

 

Dear Sri,

Sudah berapakali ikut psikotest? Ada yang mencoba hingga sembilan kali, dan baru yang kesepuluh diterima. Bahkan ada yang lebih darisepuluh kali mencoba dan seringkali tidak diterima, tapi pada akhirnya diterima karena terus mau berusaha.

Kegagalan dalam psikotest bukan berarti Anda gagal dalam hidup.  Psikotest hanyalah alat untuk menggali diri Anda, tetapi yang paling tahu diri Anda, ya Anda sendiri.  Jika ada kesempatan lagi, coba hadapi psikotes dengan optimis dan jangan terpaku dengan pikiran bahwa Anda akan gagal lagi.  Tenang dan yakin pada diri Anda sendiri, jawab setiap pertanyaan atau pernyataan dengan penuh keyakinan.  Intinya selalu berusaha untuk membuat yang terbaik bagi diri Anda, dan hadapi setiap kegagalan dengan tenang.  Tidak ada yang namanya kegagalan, kalau diri tetap terbuka untuk terus berusaha, lagi dan lagi.

Apakah Anda sudah memiliki pilihan-pilihan ingin berkarir sebagai apa? Di bidang apa Anda berminat untuk mengembangkan diri? Apa yang menjadi kelebihan diri Anda? Apa yang jadi keterbatasan diri Anda? Apa profesi yang paling ingin Anda lakukan dengan sepenuh hati, dengan tetap realistis menilai kemampuan diri sendiri? Apa rencana hidup Anda untuk lima tahun ke depan? Apa tujuan hidup Anda dan bagaimana tujuan ini bisa tercapai melalui pilihan pekerjaan yang akan Anda tekuni?  Ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda untuk mengarahkan kemana Anda cocok berkarir.  Intinya, kenali diri sendiri dan ambil tanggung jawab atas hidup Anda, jangan mudah menyerah dengan kondisi yang ada, beranilah bertindak, hindari mengeluh, dan teruslah berusaha, akan memberikan kontribusi besar bagi sukses karir Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Konsultankarir

Share this post :

There is 1 comment .

Dhen

Saya juga mengalami hal yang sama, sejak saya lulus kuliah sudah 2 kali ini saya ikut psikotes di beberapa perusahaan besar. Namun saya selalu gagal dalam psikotes, dari ratusan peserta saya tidak di panggial satu kalipun, Terkadang apakah saya kurang cerdas apa bagaimana ya? 😀 Perasaan saya bisa soal hitung2, analogi, dll

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.