Mengundurkan diri setelah masa percobaan bekerja

oleh | 25 April 2014 | 0 Komentar

Saat ini saya bekerja pada sebuah perusahaan yang kecil sedang berkembang, baru sekitar satu bulan saya bekerja. Posisi pekerjaan saya sebagai staff IT. Di waktu berdekatan saya mendapatkan sebuah tawaran untuk bekerja pada sebuah perusahaan konsultan (milik relasi) yang memiliki beberapa kelebihan yakni jumlah salary 200% dibanding perusahaan tempat saya bekerja saat ini. Sudah sejak dulu saya ingin bekerja dibidang konsultan, namun baru saat ini kesempatan itu datang. Sebelumnya saya telah menyepakati perjanjian mengenai masa kerja dan hal lainnya. Dalam pernjanjian tersebut tertertara mengenai kesepakatan untuk menyelesaikan masa percobaan (tiga bulan) dan masa kerja berikutnya akan ditentukan oleh pihak perusahaan, yang ingin saya tanyakan adalah :

Apakah saya dapat menghentikan masa kerja setelah selesai masa percobaan dan bagaimana saya menyampaikan bahwa saya tidak bisa melanjutkan untuk bekerja diperusahaan tersebut ?

Apakah saya akan mendapat finalty/denda jika mengundurkan diri setelah selesai masa percobaan ?

Semoga anda dapat memberi pencerahan untuk menyelesaikan masalah ini. Terima kasih

Yana

 

Dear Yana,

Mohon maaf, jika kami tidak bisa memberikan pencerahan seperti harapan, karena ini terkait dengan isi surat kontrak yang telah Anda tandatangani.

Sebaiknya Anda mencermati kembali surat kontrak tersebut. Temui  juga pihak yang tepat seperti atasan dan/HRD terkait keinginan Anda mengundurkan diri setelah masa percobaan. Hal-hal seperti penalti, biasanya tertuang dalam surat kontrak. Beberapa perusahaan melakukan exit interview, tidak hanya dengan satu bagian/lapisan seperti atasan langsung, tetapi juga dengan HRD dan pihak lain terkait. Hal ini merupakan salah satu cara evaluasi perusahaan untuk proses kerja dan rekrutmen mendatang.

Dalam menyiapkan alasan, fokuslah pada tujuan karier diri sendiri, seperti yang Anda kemukakan yakni menginginkan bekerja di konsultan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dalam surat pengunduran diri, karena bagaimanapun perusahaan tersebut telah memberikan kesempatan pada Anda. Jangan ‘menghancurkan jembatan’ adalah rumus yang penting dalam dunia kerja, karena tetap terbuka kemungkinan Anda akan menjalin kerjasama dengan perusahaan saat ini, baik secara korporat atau individu di perusaaan ini. Tetaplah menjaga hubungan baik untuk pengembangan karier Anda sendiri ke depan.

Semoga dapat membantu, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.