Passion dan Minat Karier

oleh | 23 April 2014 | 0 Komentar

Dear Konsultan Karier,

Saya Lulusan S1 Manajemen PTN di Malang lulus Mei 2013. Sampai sekarang masih menjalani tes kerja di berbagai perusahaan. Saya masih bingung dengan passion dan minat karier. Sebagai gambaran, hobi saya membaca koran dan browsing tentang dunia otomotif, gadget, dan berita ekonomi. Saya suka menganalisa kelebihan dan kelemahan produk dari dunia otomotif dan gadget, bahkan saya sering mengamati video review produk di youtube.Saya suka hal yang detail, lalu karier apa yang sesuai dengan saya? Apakah saya sesuai jika berkarir sebagai analis pasar? Mohon pencerahannya.

Terima Kasih.

Farid Manshuruddin

 

Dear Farid,

Passion dan minat karir adalah dua hal yang berbeda, sekaligus juga bersinggungan.  Minat merupakan ketertarikan kita terhadap sesuatu.  Kita bisa tertarik pada banyak hal,  seperti Anda yang tertarik dengan dunia otomotif, gadget, berita ekonomi, dll.

Saat sebuah minat mengerucut menjadi suatu aktivitas yang Anda lakukan dengan mendedikasikan waktu, energi, dan pikiran Anda, saat itulah Anda sedang membangun passion Anda.  Anda berkomitmen untuk mencapai sesuatu yang didasari dari passion tersebut.

Karir apa yang sesuai dengan diri Anda? hanya Anda sendiri yang bisa mengetahuinya.  Ketertarikan terhadap detil saja, masih belum cukup, mungkin Anda harus menjalani beberapa pekerjaan untuk akhirnya sampai pada satu keputusan memilih karir tertentu.

Apakah Anda akan sesuai jika berkarir sebagai analis pasar? Sekali lagi hanya Anda yang tahu.  Sudahkan Anda pelajari apa saja tugas-tugas seorang analis? Pernahkah Anda mencari tahu bagaimana seorang analis pasar bekerja?    Intinya Anda harus berani bertindak, melakukan riset, mencari tahu ke luar, dan menggali lebih dalam ke diri sendiri, serta tidak takut untuk mencoba.  Keputusan ada di tangan Anda, karena ini hidup Anda.

Di bawah ini beberapa link yang mungkin bermanfaat untuk Anda baca dan mungkin dapat memberikan insight.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Lianny Leo

Lihat profile:  http://www.konsultankarir.com/get-help/our-kaka

http://www.konsultankarir.com/perspective/artikel/2014/01/22/minat-saja-tidak-cukup

http://www.konsultankarir.com/perspective/konsultasi/2014/02/11/profesi-yang-sesuai#comments

http://www.konsultankarir.com/saya-dan-karir/2009/03/23/tiga-langkah-efektif-menemukan-passion-dalam-meniti-karir

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.