Berminat pada profesi keuangan/akuntansi, namun ijazah dari S1 MIPA (hafalan)

oleh | 17 April 2014 | 0 Komentar

Saya freshgraduate 22th S1 MIPA dimana mata kuliahnya lebih banyak hafalan (walaupun ada beberapa MK hitungan, kurang lebih tiga). Namun saat ini saya sedang bingung menentukan pilihan profesi, karena sebenarnya bakat saya di bidang hitung-hitungan seperti keuangan dan akuntansi berdasarkan hasil psikotes yang saya lakukan.

Untuk mendaftar pkerjaan di bidang yang sesuai ijazah, rasanya saya enggan karena saya merasa tertekan jika menggeluti bidang tersebut. Ketika kuliah pun, saya sebenarnya tidak merasa enjoy terhadap jurusan yang saya lakoni. Berbeda ketika SMA di mana masih ada pelajaran hitung-hitungannya, saya alhamdulillah bisa menjadi yang terbaik di kelas (setelah diteliti, nilai saya memang paling menonjol di hitung-hitungan daripada pelajaran lainnya sejak SD-SMA).

Bagaimana saran Anda mengenai pilihan profesi saya? Jika mengambil S2 akuntansi rasanya cukup sayang karena hampir tak ada perusahaan yang menerima S2 akuntansi tanpa pengalaman bekerja. Namun jika mengikuti kursus akuntansi atau keuangan lainnya, biasanya yang lebih dilirik perusahaan adalah SDM yang ijazahnya berasal dari akuntansi/keuangan.

Mohon pencerahannya ya Pak,
TerimaKasih…

Sari

 

Dear Sari,

Profesi akuntan/auditor mensyaratkan S1 dari akuntansi, sehingga jika Anda mengambil S2 akuntansi, tidak otomatis menjadikan Anda seorang akuntan/auditor karena S1 yang tidak sejalan.

Namun, jika Anda tertarik dengan hitung-hitungan, pastikan dulu apakah ini berarti Anda ingin menjadi ahli keuangan atau ahli lainnya yang juga membutuhkan kemampuan hitung-hitungan, seperti aktuaris, ekonom, dll.  Anda mengambil MIPA, artinya Anda juga bisa menjadi ahli di bidang sains, ahli statistik, dll.

Anda tidak menyebutkan S1 MIPA Anda apakah jurusan matematika atau IPA? Setahu saya kedua jurusan ini memberikan peluang besar untuk Anda memanfaatkan keahlian hitung-menghitung.

Bakat hitung-hitungan tidak berarti profesi Anda hanya terkait dengan keuangan saja.  Bisa jadi setelah menjalani pekerjaan di bidang keuangan ternyata Anda tidak merasa cocok.  Artinya tetaplah terbuka dengan peluang lain yang ditawarkan dan jadikan masa-masa freshgraduate untuk mengenali diri Anda sendiri dengan lebih baik.

Sebagai freshgraduate, Anda bisa melamar sebagai management trainee, artinya Anda akan menjalani posisi yang berbeda-beda selama satu tahun sehingga Anda akan memiliki pengalaman yang cukup untuk dapat menentukan pilihan karir Anda di masa depan.  Banyaknya pengalaman akan memberikan Anda informasi terkait pilihan profesi yang ingin Anda tekuni.

Semoga bermanfaat..

Terima kasih.

Salam,

Lianny Leo

Lihat profile:  http://www.konsultankarir.com/get-help/our-kaka

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.