Ingin menjadi praktisi HR

oleh | 16 April 2014 | 0 Komentar

Dear Konsultan Karir,

Saya lulusan manajemen SDM, keinginan saya begitu lulus bekerja sebagai praktisi HR, tapi banyak tempat yang saya lamar untuk posisi HR tidak ada yang lolos, mulai dari perusahaan paling kecil hingga perusahaan skala international. Begitu lulus saya bahkan sempat menganggur selama tujuh bulan, dan kemudian mendapat pekerjaan sebagai marketing di bidang valas, saya tidak hanya tidak menyukai jenis pekerjaan tetapi juga posisinya yang sebagai marketing. Saya tidak suka harus mengejar-ngejar orang untuk menawarkan sesuatu dan memaksakan orang itu tertarik dengan penawaran saya. Saya lebih suka berada di balik orang lain dan mendukung atau mensupport seseorang, dan saya pikir kembali lagi kepada posisi HR untuk saya lamar. Tetapi apa kiranya yang membuat saya tidak pernah berhasil? Mohon bantuannya. Terima kasih.

Denise 

Dear Danise,

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan belum tercapainya keinginan kamu, seperti, apakah CV yang kamu buat sudah tepat? Apakah dalam proses interview kamu bisa membuat pewawancara yakin dengan passion kamu di bidang HR? Seberapa jauh kamu sudah melakukan riset terhadap perusahaan yang kamu tuju? Termasuk juga faktor lain, seperti keberuntungan juga turut berperan.  Artinya, kegagalan saat ini jangan membuat kamu frustasi, tetapi teruslah berusaha dan gali lebih dalam apa yang membuat kamu belum lolos juga. Intinya tetap terus berusaha dan kembangkan diri dengan pengetahuan terkait HR.

Jangan memaksakan diri melakukan pekerjaan yang tidak disuka, karena energi dan waktu yang kamu miliki sangat berharga.  Saran saya,  Coba diskusi dengan HR Manager di tempat kamu, apakah ada peluang untuk menjadi bagian dari HR.  Diskusikan juga dengan atasan yang sekarang mengenai passion kamu.

Saran kami, teruslah berupaya dan hadapi berbagai rintangan yang ada.  Proses dan tantangan yang kamu hadapi akan menguatkan mental kamu untuk menjadi HR tangguh di masa depan.  Percaya pada diri sendiri dan bertindak sesuai keyakinan tersebut adalah salah satu kunci keberhasilan karir.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.