Mencari Passion

oleh | 17 March 2014 | 0 Komentar

Dear KonsultanKarir,

Saya berusia 23 tahun, saat ini bekerja di distributor consumer goods yang cukup besar. Sudah 11 bulan saya bekerja di sini dan saya sering rasakan up and down, awalnya saya bersemangat dan mengira di sini dapat mengembangkan karir dengan bagus. Tapi seiring berjalannya waktu, saya menyadari lapisan/pilihan jabatan di kantor cabang saya terlalu sedikit, sempit, tidak banyak pilihan.

Hal ini membuat saya kurang bersemangat, apalagi banyak karyawan senior di sana yang sudah bekerja puluhan tahun dan di posisi yang sama. Belakangan saya juga merasa sangat amat jenuh dengan pekerjaan saya yang di belakang komputer sepanjang hari, dikejar waktu, selalu diawasi atasan, dari pagi sampai sore dengan tugas yang sama dan itu-itu saja.

Saya berpikir untuk mencari pekerjaan lain, tetapi saya bingung jenis pekerjaan apa yang sesuai untuk saya. Karena saya juga khawatir kalo saya memutuskan pindah pekerjaan, ternyata hal yang sama terjadi lagi di pekerjaan baru.

Sejak kuliah saya senang aktivitas organisasi, kepanitiaan acara, khususnya dalam bagian publikasi, sponsorship, saya senang jalan-jalan, dan aktivitas luar ruangan.
Saya tidak ingin menjadi manusia robot yang bekerja tanpa rasa menyenangkan, hanya menunggu tanggal gajian dan begitu seterusnya.

Mohon pencerahannya,

Rahma

Dear Sdr.Rahma,

Ada dua poin utama yang saya tangkap dalam cerita Anda yakni: perkembangan karier dan kejenuhan bekerja di belakang komputer.

Untuk perkembangan karier, Anda sepertinya khawatir bahwa di sini tidak dapat berkembang seperti harapan karena melihat beberapa senior di posisi yang sama dalam waktu lama. Sementara untuk kejenuhan, Anda mengaitkan dengan ketertarikan aktivitas yang memiliki mobilitas lebih tinggi seperti berorganisasi saat di kuliah.  Tersirat bahwa aktivitas saat ini berbeda dengan minat organisasi seperti saat kuliah.

Anda juga sudah mulai berpikir untu k pindah kerja/tempat kerja, namun khawatir mendapatkan pengalaman serupa. Untuk itu, ada baiknya Anda mencermati kembali beberapa poin berikut:

  • Aktivitas kerja seperti apa yang membuat Anda bersemangat dalam menjalaninya?
  • Perkembangan karier seperti apa yang Anda inginkan?
  • Bagaimana lingkungan yang Anda butuhkan untuk perkembangan karier tersebut?
  • Langkah apa saja yang paling mungkin Anda lakukan dalam waktu dekat ini, untuk mewujudkan harapan karier Anda?

Silahkan Anda pikirkan dan akan membantu jika dituliskan dalam secarik kertas/ file tersendiri, sehingga membantu diri sendiri untuk melakukan rencana aksi lebih konkret.

Kami percaya bahwa sesungguhnya Anda telah memiliki banyak informasi dan pemikiran, namun terkadang memang situasi dan emosi menutupinya. Semoga saran kecil ini dapat membantu Anda, terima kasih 🙂

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.