About psikologi

oleh | 5 March 2014 | 0 Komentar

Dear Konsultan Karier

Rencana setelas lulus ujian SMA mau ngambil S1 psikologi masalahnya ini masih bingung mau mendalami bidang psikologi yang mana belum mengerti betul dari arah karir psikologi, mau sih yang peluang kerjanya banyak juga bagus dan pastinya bisa sukses di bidang yang digeluti nanti.

Thank you 🙂

Ayu

Dear Ayu,

Anda akan belajar psikologi secara umum di tingkat S1, namun di semester 3-4 ke atas akan ada mata kuliah pilihan yang bisa diambil sesuai minat, apakah industri, pendidikan, klinis, sosial atau lainnya. Anda akan mempelajari bagaimana proses dan dinamika internal individu, seperti bagaimana berpikir, merasa, menilai, juga interaksi dengan orang lain baik dalam kelompok atau antar individu.

Secara ringkas, ilmu ini bukan ilmu terapan artinya Anda tidak akan mempelajari skill praktis untuk bisa diterapkan secara langsung, seperti misalnya mempelajari desain, maka Anda akan mampu membuat desain. Untuk bisa berkarier sebagai praktisi psikologi, Anda perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang magister profesi (menjadi psikolog) atau sains (jika berminat mempelajari keilmuannya lebih dalam dan tertarik di bidang pendidikan seperti menjadi dosen/peneliti).

Dalam implementasinya, Anda akan menemui banyak pengembangan ilmu ini secara praktis dan memiliki sertifikat setelah mengikuti beberapa pelatihannya. Meski demikian, lulusan S1 Psikologi juga memiliki beragam peluang kerja, tidak terbatas harus menjadi seorang psikolog, karena ilmu tentang individu dapat ‘diterapkan’ di beragam lingkungan. Untuk itu, mengenali minat diri sendiri menjadi kuncinya.

Kerjaan banyak dan peluang bagus akan Anda dapatkan dengan sungguh-sungguh mempelajari dan aktif dalam berbagai kesempatan. Kelak saat Anda menjadi mahasiswa, aktiflah mencari ilmu selain di kelas, seperti organisasi dan seminar baik psikologi maupun lainnya. Semakin aktif, semakin mudah menemukan minat sesungguhnya dan passion diri sendiri. Ini yang akan menjadi modal utama dalam bekerja dan berkarier nantinya.

Semoga dapat membantu dan terus semangat ya!

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.