Need a solution.

oleh | 13 February 2014 | 0 Komentar

Siang Konsultan Karier,

Saya ingin konsultasi. Saya lulusan ekonomi tahun 2012,umur 23, sekarang telah bekerja 1 tahun di salah satu bank swasta di Indonesia sebagai marketing lending. Saya merasakan untuk kerja di bank itu sangat membosankan setiap hari yang dilihat hanya dokumen dan mengeceknya. Untuk canvasing atau melakukan hal-hal marketing itu jarang diimplementasikan, dan seperti admin. Saya sudah tidak menemukan semangat lagi, merasa sendiri dikarenakan lingkungan yang saya belum bisa adaptasi, sudah mulai stress dan terganggu untuk kesehatannya..

Awalnya saya mengambil posisi tersebut saya kira saya akan melakukan hal-hal yang benar-benar mengimplementasikan marketing ataupun business plan di sisi marketing. Tapi ternyata hal itu tidak saya temukan di tempat ini. Saya memang tertarik berpikir hal-hal yang berbau bisnis strategi maupun resiko bisnis yang akan terjadi tetapi di bank tidak menemukan hal tersebut.

Passion saya sendiri ingin terjun di dunia IT. Saya sudah mencoba untuk menyukai pekerjaan saya sekarang tapi hati tidak bisa dipaksakan. Saya mencontohkan diri saya sudah seperti robot, berangkat pagi untuk kerja dan berharap hari cepat berlalu.

Mohon Solusinya

Saya mengambil MT marketing dengan ikatan dinas 3 tahun dan akan selesai di tahun 2016.

Y.S.Hertaditya

Dear Y.S.Hertaditya,

Saat harapan tidak sesuai dengan kenyataan biasanya ini menimbulkan kekecewaan.  Pada dasarnya kekecewaan Anda adalah hal yang manusiawi, tetapi terus-menerus larut dalam kecewa hanya menambah masalah baru dan menurunkan produktifitas Anda sendiri.

Sebagai freshgraduate (belum punya pengalaman kerja), ada baiknya Anda mencoba beradaptasi dengan kondisi yang ada dengan cara yang lebih aktif. Coba cari hal-hal menarik dari pekerjaan yang saat ini Anda lakukan, jangan terjebak dengan pekerjaan administrasinya saja, tapi tunjukkan inisiatif apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih baik, lebih efisien, dan lebih menarik. Ini menunjukkan bahwa Anda bukan pribadi yang mudah putus asa dan atasan tentunya akan memperhatikan Anda untuk kemudian diberikan tugas-tugas lain yang lebih menantang.

Ingatlah bahwa tidak ada pekerjaan yang membosankan, yang membosankan adalah jika kita tidak berupaya untuk menikmati dan mencari hal-hal baru yang bisa dilakukan dari pekerjaan tersebut. Sekedar berusaha menyukai pekerjaan dibandingkan dengan berupaya melakukan tindakan nyata secara aktif adalah dua hal yang berbeda.

Adalah lumrah di awal masa kerja(sebagai freshgraduate), Anda mengalami hal-hal yang menjemukan, hal ini dimungkinkan juga karena kapasitas Anda yang besar (ditandai dengan keinginan untuk menjalani pekerjaan konseptual (menyusun business plan, strategi, dll) yang tidak tersalurkan.  Tetapi, dalam bekerja bukan cuma masalah kecerdasan intelegensi saja yang diperlukan, tetapi juga bagaimana Anda mengatasi diri Anda sendiri saat menghadapi kondisi sulit akan  menjadi aspek krusial dalam pengembangan karir selanjutnya.

Posisi Anda sebagai MT merupakan posisi yang menantang karena pada dasarnya MT dipersiapkan untuk mengisi posisi-posisi managerial di masa datang. Pertimbangkan juga jika Anda keluar sebelum ikatan dinas berakhir, biasanya mesti mengganti sejumlah uang. Apakah hal ini sudah diperhitungkan? Terkait dengan passion Anda di IT, perlu dipikirkan lagi secara mendalam, passion bukan hanya sekedar kesukaan terhadap sesuatu.  Tetapi kesukaan yang dalam dan ditunjukkan dengan komitmen kuat. Passion selalu membutuhkan komitmen, komitmen untuk bekerja keras, bertindak, dan mengorbankan hal-hal lain. Tanpa itu, berarti bukan passion.

Ada baiknya Anda coba atasi kebosanan saat ini dengan cara yang positif, pengalaman di awal  karir akan menjadi pengalaman berharga saat Anda mengisi posisi yang lebih sulit nantinya. Dan mungkin juga harapan Anda untuk menangani business plan, strategi bisnis, manajemen resiko di bidang marketing, akan terjadi di masa depan bila Anda berhasil melewati masa-masa ini dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.