Linier atau tidak kuliahku

oleh | 30 January 2014 | 0 Komentar

Assalamu’alaikum,
Salam sejahtera bagi kita semua…

Saya sekarang sudah bekerja sebagai Guru di SD Swasta, saya adalah lulusan S1 Pendidikan biologi, pekerjaan saya memang tidak relevan dengan kompetensi saya, oleh karena itu, sekarang ini saya sudah mendaftar S2 untuk PGMI (sederajat dengan pendidikan guru SD) di UIN konsentrasi Sains MI.

Pertanyaannya :

1. Apakah linier antara program S1 dan S2 yang saya ambil?
2. Saya berharap ijazah S2 saya dapat digunakan untuk mendaftar menjadi dosen di UIN, kira-kira bagaimana peluang saya ini?

Demikian pertanyaan saya, mohon maaf dan terima kasih yang sebesar-besarnya.
nuwun.

Akhmad Laila Hidayatullah

Bung Akhmad,

Pertama-pertama saya sampaikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi Bung untuk menjadi seorang pendidik. Profesi mulia  yang sangat besar perannya dalam menyiapkan generasi penerus untuk kesejahteraan negeri ini.

Berdasarkan pengalaman dan refleksi saya menjadi pengajar di sebuah universitas, saya akan berusaha untuk menjawab pertanyaan Bung:

Pertama, permasalahan mengenai linear/tidaknya bidang studi yang telah dan akan Bung ambil semoga bukan karena Bung khawatir jika tidak linear maka akan sulit untuk menjadi tenaga pengajar. Karena di dunia maju, pendekatan multidisipliner bukanlah menjadi persoalan, justru memperkaya dan memberi pemahaman dan kemampuan aplikatif yang lebih menyeluruh. Sehingga tidak jarang misalnya kita melihat banyak cabang ilmu yang memerlukan pendekatan multidisiplin ini, contohnya adalah isu lingkungan. Lebih dari itu, passion dan minat terhadap suatu bidang merupakan modal yang sangat berharga bagi kita menekuni bidang ilmu itu. Amat disayangkan jika ada batasan mengenai apa yang kita minati, termasuk persolan linear/tidaknya ilmu yang kita tekuni.

Namun, jika kekhawatiran Bung mengenai linear/tidaknya bidang  studi yang Bung pilih karena adanya prasyarat untuk menjadi pengajar di suatu lembaga pendidikan, maka Bung perlu menggali informasi mengenai hal tersebut di lembaga pendidikan yang Bung akan jadikan tempat mengabdi setelah Bung menamatkan pendidikan magister ini.

Ke dua, soal peluang, selain hal yang sudah saya sampaikan di atas, seorang bijak  mengatakan, Luck is what happens when preparation meets opportunity”, jadi teruslah mengup-gradediri termasuk melanjutkan studi sebagaimana yang telah Bung rencanakan, dengan demikian peluang dan kesempatan bagi Bung semakin besar.

Semoga bermanfaat. Good luck!

Salam,

Iva Kasuma
lihat profile: http://www.konsultankarir.com/get-help/our-kaka

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.