Mencari pekerjaan sesuai minat

oleh | 21 January 2014 | 0 Komentar

Dear Konsultan Karier,

Saya sementara bekerja di perusahaan swasta sebagai Adm Finance dengan title SE, tapi saya merasa pekerjaan itu sangat membosankan dan berakibat saya sering menunda-nunda pekerjaan. Minat saya lebih cenderung ke bidang IT yang juga menjadi hobi saya.

Yang jadi masalah, saya tidak mempunyai keterangan atau sertifikat untuk membuktikan keterampilan saya di bidang IT (otodidak). sy punya keinginan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan saya dan mengikuti kursus kilat untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Yang jadi pertanyaan, apakah keputusan sy ini benar? Sebelumnya terima kasih atas sarannya.

Husni Arief

Hai Arief,

Dalam suatu profesi atau pekerjaan pasti akan ada kalanya kebosanan menghampiri, apakah itu disaat load pekerjaan sedang banyak ataupun sedang sedikit, tetapi cobalah lihat dari sisi positifnya, yang saya lihat pekerjaan anda saat ini sudah sesuai dengan background pendidikan anda karena tidak sedikit seseorang yang salah ambil jurusan, mengambil profesi Ekonomi tetapi terdampar di profesi IT atau sebaliknya, karena terkadang hal tersebut menghambat jenjang karir seseorang.

Karena pada umumnya jika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan pasti akan dilihat dari background pendidikan dan pengalaman profesi yang tidak jauh berbeda, dan jika anda sudah mempunyai pengalaman yang cukup anda dapat melamar pekerjaan di tempat lain dengan posisi jabatan yang lebih tinggi (pasti sangat-sangat dipertimbangkan oleh perusahaan).

Saran saya teruslah anda berfokus pada pekerjaan yang sesuai dengan background anda sekarang  dengan sesekali memperluas wawasan yang anda minati dengan cara mengikuti seminar-seminar atau workshop membaca buku ataupun mengikuti tutorial yang ada dinternet. Atau jika anda punya cukup biaya coba ikuti pelatihan untuk mengambil paket sertifikasi semisal CCNA, MCSAs, CCP, CSP dan lain-lain.

Ada berbagai macam disiplin keahlian dalam bidang IT, misalnya: Desain grafis, desain web, pemrograman web, pemrograman Desktop, Networking, Windows Admin, Linux Admin dan lain sebagainya. Coba mantafkan diri anda pada salah satu bidang tersebut.

Setelah anda merasa cukup yakin dan menguasai salah satu bidang tersebut cobalah memberanikan diri dengan menjadi seorang freelance yang mana pekerjaan itu bisa dikerjakan di waktu luang kantor anda, atau anda memberanikan diri memaparkan atau menampilkan keahlian anda kepada atasan bahwa anda mampu menyelesaikan solusi IT yang ada di dalam kantor anda, niscaya perusahaan atau atasan senang menerimanya.

So, selamat mencoba dan berusaha tapi jangan lupa berdoa…

Salam,

Cecep Arif
lihat profile http://www.konsultankarir.com/get-help/our-kaka

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.