Is that my career?

oleh | 26 December 2013 | 0 Komentar

Dear Konsultan Karier

Saya bekerja di salah satu perusahaan BUMN di Karawang. Di sini saya sebagai mekanik yang sedang dalam kontrak honorer 6 bulan. Fasilitas dan jaminan untuk ke depannya sangat memadai serta gaji yang cukup besar bagi lulusan SMK seperti saya. Tetapi saya mendapati, saya ternyata tidak terlalu suka bekerja di sini, saya merasa tertekan, dan saya merasa tidak memiliki feeling sebagai seoarang mekanik. Keinginan saya untuk keluar setelah masa kontrak ini habis dan mencoba hal atau pekerjaan lain sesuai bakat dan passion saya.

Saya tertarik dan suka memasak serta berkeinginan untuk menjadi seoarang koki atau chef. Apakah saya harus keluar dari pekarjaan saya sekarang dan melanjutkan pendidikan atau kursus yang berhubungan dengan memasak untuk mendalami skill saya? Karena ini sangat berbeda drastis dengan apa yang pernah saya ambil di SMK.

Terimakasih 🙂

Rachmad Hidayat

Yth. Bapak Rachmad Hidayat,

Sebelum memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja ataupun resign dari pekerjaan Anda Sekarang, bapak dapat melakukan perenungan sejenak tentang passion “memasak” yang bapak rasakan, dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut;

1. Apakah kegiatan memasak / cooking merupakan kegiatan yang paling di sukai, sehingga jika kegiatan tsb bapak melakukannya tanpa di bayarpun bapak rela dan senang melakukannya?

2. Kegiatan cooking yang Bapak  senangi  saat ini, jika bapak  melakukan kegiatan tsb menjadikan “lupa waktu”?

3. Apakah bapak bersedia mengeluarkan biaya besar untuk melakukan investasi atau biaya training guna mengembangkan aktivitas tsb?

4. Jika pada suatu kondisi finansial bapak yang berlebih (katakanlah sudah tercukupi), apakah bapak tetap melakukan aktivitas tsb?

5. Jika pada kondisi fiansial bapak sangat kekurangan/ (katakanlah tidak ada pekerjaan), maka bapak akan menggunakan ketrampilan memasak untuk mencari nafkah?

Jika jawabannya “YA”, kemungkinan besar, memasak adalah passion dari Bapak, dan bersiap-siaplah untuk mulai mempertimbangkan untuk mengarahkan segala aktivitas yang mendukung skill tersebut, hingga akhirnya bapak bisa menjadi chef yang handal dengan masakan yang di senangi setiap orang.

Perlu proses dan kegigihan dalam menggapainya, yang semuanya tidak bergantung dengan “lulusan atau background pendidikan yang bapak miliki saat ini. Everything is easy once you know how, segalanya akan mudah tatkala kita paham melakukannya.

Salam sukses untuk Bapak dan semoga dapat segera menemukan passion yang di harapkan.

Husin Syarbini

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.