Pindah kerja, gaji naik tapi jabatan turun

oleh | 5 December 2013 | 0 Komentar

Yth. Konsultan Karir,

Saya adalah seorang karyawan yang memiliki pengalaman 9 tahun. Baru-baru ini saya memutuskan pindah dari perusahaan lama saya di mana saya sudah menjalani selama 9 tahun. Secara keseluruhan saya tidak ada masalah dengan kantor sebelumnya, hanya karena ingin meningkatkan gaji saja sehingga ketika ada tawaran dari kompetitor dengan kenaikan gaji 45%, saya terima saja, meski sedikit kurang sreg karena pangkat/level saya turun.

Di perusahaan sebelumnya saya 4 tahun sebagai Assistant Manager, 1 tahun di level supervisor dan 4 tahun di level office – senior officer, sedangkan di perusahaan baru ini saya di level supervisor.

Pertanyaan saya ada beberapa antara lain :
1. Apakah dengan turunnya level ini dapat menghalangi karier saya selanjutnya jika ingin melamar perusahaan lain? Secara manusiawi seusia saya (33 thn) pasti ingin mendapatkan level lebih tinggi lagi (level manager).
2. Jika ini saya cantumkan dalam CV akan menjadi pertanyaan pihak HR “kenapa kok level turun”, bagaimana saya harus menjelaskan? Tentunya saya ingin menjadi manager ataupun head departement.
3. Apakah saya salah ketika memutuskan menerima “pinangan” perushaan lain yang memberikan kenaikan gaji 45%?

Sebagai informasi tambahan saya baru 4 bulan di perusahaan ini dan saat ini dalam 1 departemen hanya saya dan Head Department (berdua), di perusahaan sebelumnya kami berdelapan. Skala perusahaan sebelumnya lebih besar, tapi local company. Sedangkan perusahaan yang baru ini,baru 5 tahun di Indonesia 99% modal asing.

Mohon pencerahaannya, terima kasih atas kesediaannya menjawab pertanyaan saya.

Salam
ER

 

Dear ER,
Pertama, saya ucapkan selamat, karena Anda sudah membuat keputusan, dan keputusan itu sudah sesuai dengan  tujuan Anda, yaitu kenaikan gaji secara signifikan.

Berikut jawaban saya untuk pertanyaan Anda:
Lebih baik anda fokus dengan pekerjaan yang sekarang dan berprestasi. Mempertanyakan tentang salah atau benarnya keputusan Anda hanya akan membuang kesempatan Anda untuk berprestasi di perusahaan sekarang.  Dengan prestasi, Anda memiliki bargaining position yang kuat untuk promosi ke posisi lebih tinggi di perusahaan sekarang, atau bila Anda berniat untuk pindah perusahaan lagi, suatu hari.

Dengan memiliki kinerja baik di perusahaan sekarang, Anda juga lebih pede (percaya diri) jika ada pertanyaan tentang jabatan Anda yang turun level (?). Di sisi lain, ada plus point, yang bisa digunakan sebagai salah satu senjata untuk anda yaitu anda bekerja di perusahaan asing.

Selamat berprestasi. Tetaplah bermimpi. Bukan sekedar ingin mendapatkan jabatan manager, tetapi peluang untuk berkontribusi lebih besar dan sarana aktualisasi diri.

Semoga dapat membantu, terima kasih 🙂

Salam,

Safrial Guci

lihat profile http://www.konsultankarir.com/get-help/our-kaka

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.