Mengukur perkembangan karir

oleh | 18 December 2012 | 0 Komentar

Selamat siang,
Saya Lukman, saat ini saya bekerja di Divisi. HR. Saya baru bekerja 3 tahun di perusahaan sekarang. Pertama masuk (th 2008) saya menempati posisi sebagai Training & Dev. Adm. selang 3 bulan karena atasan saya keluar saya mendapatkan tambahan tugas sebagai sekretaris P2K3. Pada tahun 2010, saya dipromosikan sebagai Training and Dev. Officer. Pertanyaan saya : apakah perkembangan karir saya termasuk baik atau tidak? Adakah ukuran waktu dalam perhitungan karir? Berapa batasannya seseorang dikatakan memiliki karir yang baik? Namun bagi saya kondisi saat ini kurang begitu memuaskan karena masih belum dibarengi peningkatan pembelajaran tentang hal baru.
Mohon penjelasannya, terima kasih.

Dear Sdr.Lukman,

Pertama, selamat atas promosi Anda, artinya Anda berhasil memenuhi ekspektasi perusahaan. Apabila melihat jalur karir yang Anda lalui, mulai dari staf administrasi, sekretaris, dan kini dipromosikan menjadi officer, maka bisa dikatakan karir Anda secara objektif mengalami perkembangan dan masih dalam kurun waktu yang normal. Hal ini ditinjau dari jenjang karir organisasi yang dapat Anda cermati pula melalui tugas dan tanggung jawab yang semakin meningkat. Akan tetapi, dalam implementasi lapangannya dapat bervariasi di tiap perusahaan. Coba Anda cermati lagi lebih detil, untuk lebih mudahnya, tulislah secara detil job description yang formal dan implementasi lapangannya, lihatlah perbedaannya. Sertakan pula job description Training & Development Officer, meskipun belum mengimplementasikannya, namun Anda tentunya dapat mengetahui tugas-tugas utamanya. Peningkatan tanggung jawab ini juga diikuti dengan peningkatan tuntutan secara eskplisit maupun implisit.

Apabila yang Anda maksudkan adalah pembelajaran semi formal seperti training, sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan pihak perusahaan (HR). Terlepas dari training (in-house) atau yang dibiayai perusahaan, kami sangat menyarankan Anda untuk menginvestasikan diri secara mandiri di training luar. Keuntungan lainnya adalah Anda akan memperluas jejaring selain perusahaan pun akan menilai Anda sebagai karyawan yang aktif belajar secara mandiri.

Untuk ukuran karir, terdapat dua pandangan yakni objektif dan subjektif. Secara objektif, terdapat empat tahapan karir yang terkait dengan perkembangan usia, yakni: (1) masa eksplorasi karir pada usia 18-20an; (2) masa membangun karir pada pertengahan usia 20-40 an; (3) masa maintenance karir untuk pertengahan usia 40-50an; dan (4) masa disengagement atau mulai melepaskan karir untuk pertengahan usia 50-60 an. Beberapa memasukkan tahap kesadaran karir di tahap pertama, yakni usia 4-belasan tahun, karena anak-anak pun secara perlahan mulai mengenali adanya aktivitas orang dewasa yakni bekerja.

Berbeda dengan pandangan subjektif yang lebih terkait dengan tujuan karir personal serta tujuan hidup. Apakah Anda telah mengidentifikasi tahapan karir personal? Langkah ini dapat membantu mengawal karir Anda sehingga kepuasan karir pun akan lebih konkret dan terukur. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultakarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.