Bingung Akreditasi Pascasarjana

oleh | 21 July 2012 | 3 Komentar

Perkenalkan saya lulusan sarjana matematika, saat ini saya sedang ingin membangun karir.
Setelah saya cermati di luar, jurusan matematika jarang dibutuhkan di dunia kerja. Sehingga saya memutuskan untuk mengambil program magister sebagai batu loncatan karir saya. Saya tertarik untuk melanjutkan S2 Teknologi Informasi. Namun, di kampus tujuan saya (yang sekota dan dekat dengan rumah) akreditasi untuk jurusan tersebut adalah C. Saya menjadi bimbang, mengingat biaya pendidikan yang dikeluarkan tidaklah sedikit namun terakreditasi C. Apakah akreditasi ini nantinya berpengaruh pada dunia kerja? Apakah setiap perusahaan melihat akreditasi lulusan tersebut? Terima kasih.

Anditya

Dear Sdr.Anditya,

Tujuan Anda untuk meningkatkan ‘nilai jual’ melalui pendidikan perlu diapresiasi dan akan lebih optimal jika bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri melalui proses belajar. Hal ini karena sebagian orang masih kurang menghargai proses belajar dan hanya fokus pada gelar-ijazah. Hal ini karena dunia kerja sangat memerlukan orang-orang yang memiliki komitmen untuk terus belajar baik terkait keilmuan maupun hal lain (informal) di lapangan.

Berdasarkan pengamatan kami di lapangan, nama universitas tidak menjadi jaminan kualitas seorang kandidat, melainkan bagaimana ia menginternalisasi proses belajar. Informasi singkat ini juga mengindikasikan status akreditasi tidak menjadi indikator untuk menyaring kandidat. Memang tidak dapat dipungkiri, ada beberapa lembaga/perusahaan yang masih mempertimbangkan nama universitas/status pendidikan seperti akreditasi. Akan tetapi, sepanjang Anda dapat menunjukkan kualitas diri serta argumentasi logis seperti memilih tempat belajar yang satu kota untuk tetap dapat bekerja, maka Anda tidak perlu takut bersaing dari lulusan universitas lain 🙂 Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

There are 3 comments .

Tiara

Selamat sore,

Kalau saya ingin memposting konsultasi, bagaimana caranya?
Terima kasih.

Reply »
Tyas —

Dear Sdr. Tiara,

Silahkan buka halaman web Konsultasi dan tuliskan pada form yang tersedia, terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Reply »
Tiara

saya sudah mem-posting, namun belum ada tanggapan dari admin. apakah sudah terkirim? saya mengirim pada tanggal 27 juli sore hari. terima kasih.

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.