Tidak dilirik perusahaan

oleh | 28 May 2012 | 0 Komentar

Halo Konsultan Karir,
Saya seorang lulusan S1 tahun 2011, hingga saat ini saya sudah mengirim banyak aplikasi lamaran ke berbagai macam lowongan dan perusahaan, namun sepertinya perusahaan tidak “melirik” saya sama sekali sehingga hanya sedikit sekali panggilan yang saya dapatkan. Mungkinkan ini dikarenakan jurusan dan universitas saya yang kurang “bonafid”?

Asri

Dear Sdr. Asri,

Popularitas universitas dan jurusan bukanlah pertimbangan utama dalam proses rekrutmen/seleksi sumber daya manusia. Yang perlu Anda lakukan kini adalah mencermati kembali surat lamaran, CV dan resume, silahkan lihat http://konsultankarir.com/2008/12/04/artikel/sudah-baikkah-cv-saya/ dan http://konsultankarir.com/2009/02/10/artikel/apa-bedanya-cv-dengan-resume/. Selain itu, sudahkah Anda melamar sesuai passion karir ke depan? Hal ini akan terlihat berbeda dan tersirat dalam penulisan surat lamaran, untuk itu, hindari penggunaan template surat lamaran yang bersifat kaku dan tidak menunjukkan kesungguhan personal. Untuk mengetahui kesesuaian antara passion dan jenis profesi, silahkan cermati http://konsultankarir.com/daftar-profesi-2/.

Anda menyatakan hanya sedikit yang mendapat panggilan, apakah artinya Anda pernah dipanggil interview/test? Bagaimanakah proses yang Anda jalani? Evaluasilah proses tersebut, dan kirimkan surat terima kasih pada HRD perusahaan. Untuk mempersiapkan proses interview, Anda dapat membaca http://konsultankarir.com/2009/01/13/artikel/pertanyaan-pertanyaan-umum-dalam-wawancara-kerja/ dan http://konsultankarir.com/2012/05/05/artikel/komunikasi-non-verbal-dalam-interview/. Semoga dapat membantu, dan tetaplah berusaha dengan semangat 🙂 terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.