Gimana ya biar lolos tes diskusi

oleh | 19 April 2012 | 0 Komentar

Saya mengalami masalah setiap kali tes di perusahaan. Saya selalu gagal jika menemui tes diskusi kelompok. Kadang saya merasa nervous sehingga saya kebanyakan hanya menjadi pendengar.. sepintas ada ide di kepala saya tapi saya ga bisa mengungkapkanya pake kata-kata… bagaimana cara mengatasinya ya?? Adakah situs untuk latihan diskusi? Terima kasih

Arief

Dear Sdr.Arief,

Tahap ini memang bertujuan untuk menilai ketrampilan berinteraksi, komunikasi juga mengemukakan ide/pandangan pada orang lain. Akan tetapi, perlu diingat bahwa keputusan proses seleksi tidak ditentukan oleh satu tahap, melainkan kesimpulan dari seluruh proses. Jika Anda menilai perlu untuk meningkatkan ketrampilan sosial terutama mengungapkan pendapat, Anda dapat melatihnya mulai dari cara yang sederhana.

Untuk langkah awal, cobalah untuk membuat simulasi diskusi dengan teman, buatlah tema sendiri. Cara lain, ikutilah seminar atau workshop, mulai dari yang kelas kecil, sedang hingga besar. Fokuskan perhatian pada tema saat itu dan siapkan alat tulis untuk mencatat segala sesuatu yang terlintas. Alat bantu sederhana ini dapat membantu untuk mengungkapkan pandangan pada orang lain. Dengarkanlah pendapat lawan bicara (pembicara) dan catatlah jika ada pertanyaan yang melintas saat itu sehingga tidak memotong penjelasan. Cara lain, mulailah dengan memberikan umpan balik yang bersifat klarifikasi (mengulang ide lawan bicara dengan kalimat sendiri), misal, “Jadi, maksud Anda adalah …..” Kalimat / umpan balik sederhana ini dapat membantu otak kita untuk menyusun kalimat selanjutnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.