Bagaimana menjadi seorang HR???

oleh | 1 April 2012 | 0 Komentar

Selamat Malam,

Saya adalah Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga, karena saya tidak ingin menjadi seorang Legal, maka saya memfokuskan diri untuk mempelajari bidang Human Resources. Tetapi, entah mengapa saya merasa sulit sekali mendapatkan pekerjaan atau memang saya belum beruntung untuk mendapat pekerjaan sebagai HRD, padahal saya sangat berminat di bidang tersebut. Usaha saya selama ini rajin membaca jurnal-jurnal mengenai HR, berusaha menguasai UU13/2003, dan terus kekeuh melamar bagian HR. Saya sempat bekerja sebagai Legal, selama 3 bulan, karena saya tidak merasa nyaman, saya keluar.

Pertanyaan saya, apa sih yang harus di persiapkan untuk menjadi seorang HR yang belum memiliki pengalaman menjadi HR? Karena modal saya selama ini hanya saya merasa memiliki PASSION di bidang HR tersebut.

Terima kasih

Dear Sdr.Hanafi,

Kami menghargai usaha Anda untuk mewujudkan passion bekerja sebagai HR. Bidang HR memang tidak hanya membutuhkan lulusan Psikologi, namun juga Hukum. Hal ini karena HR juga mengelola hal-hal terkait dengan hukum seperti surat perjanjian kerja, tunjangan, termasuk menjalin interaksi dengan serikat pekerja. Jika yang Anda inginkan adalah menangani proses rekrutmen, seleksi dan pengembangan karyawan, maka personil HR perlu memiliki kemampuan untuk mengelola orang lain. Sebagai lulusan hukum, Anda juga memiliki kesempatan ini, namun memang lebih mengutamakan lulusan Psikologi karena telah dibekali pengetahuan dan skill tentang proses tersebut. Saran kami, Anda dapat mengutarakan minat tersebut dalam surat lamaran kerja, beserta alasannya yang jelas. Hal ini penting karena pada umumnya kandidat bidang Hukum akan diharapkan untuk memasuki pos legal. Sebaiknya, Anda juga mengidentifikasi lebih detil tentang passion ini, serta mengapa tidak nyaman di bidang legal. Hal ini akan membantu Anda sendiri dalam berkarir. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.