Cara mendapatkan/mengenali pekerjaan yang aman dan nyaman?

oleh | 18 March 2012 | 0 Komentar

Dear,
Saya seorang kepala cabang dari sebuah perusahaan ritel di Jakarta,

Sebenarnya saya menyukai pekerjaan ini, namun di pertengahan jalan saya merasa tidak nyaman dengan sikap atasan yang suka merendahkan saya dan dia pernah mengatakan bahwa saya tidak layak menjabat (seribu kata hinaan dan memojokkan). Itu membuat saya tidak menyukai lagi pekerjaan ini dan bekerja tidak sepenuh hati. Celakanya, saya terbawa emosi, saya pernah bolos metting kantor, alhasil atasan marah dan bilang “kesalahan saya fatal”. Pertanyaan saya: Apa yang harus saya lakukan agar saya optimis dan nyaman dalam bekerja? Bisakah anda bantu saya, bagaimana cara mengenali pekerjaan yang aman dan nyaman??

Chandra

Dear Sdr.Chandra,

Anda telah mengetahui bahwa sumber ketidaknyamanan ini adalah sikap atasan, bukan objektif dari pekerjaan ini. Salah satu tips mendasar dan sederhana adalah mengembalikan pada tujuan diri sendiri, apa yang membuat kita bersemangat dalam pekerjaan ini. Apakah ketika menyusun strategi pemasaran, mengarahkan tim, mengatasi keluhan pelanggan, bernegosiasi dengan vendor, atau menerima tantangan dari atasan? Hal ini karena, kita memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk bertemu orang/rekan/atasan/bawahan yang tidak satu perspektif atau tidak seperti harapan. Rumusan ini juga berlaku timbal balik, yang juga bersifat subjektif.

Akan tetapi, Anda juga berhak untuk menentukan dan memilih dengan siapa akan bekerjasama. Artinya, jika Anda merasa tidak dapat bertoleransi dengan rekan/atasan yang dinilai merendahkan,maka keputusan ada di tangan Anda, bukan perusahaan atau orang yang bersangkutan. Sebelum itu, coba lihat sekitar Anda, apakah semua berlaku sama? Terkadang kita mudah melupakan/kurang menyadari bahwa ada orang-orang yang benar-benar menghargai kita. Mungkin bukan atasan, namun mereka yang ada di kanan-kiri, atau bawahan. Semoga pertimbangan ini bisa meluaskan dan membantu sudut pandang kita lebih positif. Anda perlu untuk stand up untuk diri sendiri, sehingga tim yang Anda pimpin pun merasa lebih yakin dan kami percaya hal itu akan memiliki timbal balik.

Pekerjaan yang nyaman dan aman tidak memiliki rumus pasti, namun kita bisa memastikan dengan meluaskan kepekaan terhadap passion, minat, komitmen dan lingkungan di tempat kerja. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.