Pelampiasan?

oleh | 12 March 2012 | 0 Komentar

Kepada
Yth. Konsultan Karir.com

Saya seorang wanita berumur 23 tahun, bekerja di Perguruan Tinggi Negeri sampai saat ini (4 tahun). Saya memiliki seorang atasan pria berumur sekitar 50an. Suatu ketika pada Jum’at sore Saya mengingatkan (secara lisan) pada atasan mengenai kegiatan akan datang di hari Senin jam 08.30 yang harus dihadiri nya, dan beliau berkata YA yang menegaskan bahwa beliau sudah mendengar dan paham (hari Sabtu dan Minggu kantor tutup). Pada hari H yaitu hari senin saya kembali mengingatkan lewat telepon jam 08.00, namun ternyata Bos terkejut dan berkata Oh iya, mengapa kamu tidak mengingatkan, waduh saya sudah menjadwalkan rapat (mendadak) dengan instansi lain pagi ini ?
Konsultan karir yang baik,
1. Apakah saya sudah salah sebagai bawahan, padahal saya sudah mengingatkan pada jum’at siang dan senin pagi?
2. Setiap kali atasan lupa/salah, selalu saya yang disalahkan, pernah suatu ketika BOS mengatakan “makanya ingatkan saya tiap menit, tiap detik), Saya mempunyai rekan kerja laki2 yg sudah PNS namun dia tidak pernah dipersalahkan oleh atasan jika dia ataupun BOS yang salah/lupa, adilkah atasan saya ?
3. Bagaimana kah sikap saya seharusnya ?

Terima kasih.

Illa

Dear Sdr.Illa,

Kami memahami posisi Anda yang memang memerlukan kepekaan dan ketrampilan sosial dalam menghadapi beragam karakter atasan. Saran kami, manfaatkan media tulis, baik e-mail maupun sms sehingga baik Anda maupun atasan memiliki data konkret dan faktual. Dalam e-mail tersebut, cc (kirimkan) juga ke pihak terkait. Fungsinya adalah untuk mengingatkan semua pihak adanya agenda meeting atau lainnya. Mungkin Anda merasa diperlakukan tidak adil, namun ini juga bersifat subjektif, karena itu cobalah kendalikan perasaan Anda dan tetap mengacu pada data faktual, seperti e-mail, sms atau jika memang diperlukan, Anda serahkan juga undangan meeting tersebut dalam bentuk hardcopy. Perhatikan pula lingkungan sekitarnya, mungkin Anda dapat bekerjasama dengan bagian administrasi yang berada lebih dekat, misal satu lantai dengan atasan. Ada kemungkinan aktivitas atasan yang padat yang membuat demikian. Semoga saran sederhana ini dapat membantu Anda , terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.