Midlife career crisis

oleh | 3 March 2012 | 0 Komentar

Saya telah bekerja sejak tahun 2002 dan berganti perusahaan sebanyak 3 kali. Saya selama ini menyadari pekerjaan yang saya jalani sebenarnya tidak seusai dengan passion saya. Saya selalu ketiban pekerjaan di belakang meja, padahal saya adalah orang yang senang bepergian. Belakangan di tempat kerja terakhir, saya merasa sudah stuck dan kehilangan semangat. Sudah hampir 5 tahun saya disini tapi saya terjebak pada budaya perusahaan yang kaku dan kurangnya pengembangan karyawan. Saya khawatir jika selamanya saya di sini maka nasib saya akan begini terus, tetapi saya juga belum memperoleh kesempatan untuk pindah ke tempat lain. Saya juga tak bisa berharap pada atasan yang juga telah apatis dengan karirnya yg juga mandek. Padahal perusahaan ini adalah perusahaan besar dan dari sisi kompensasi diatas perusahan lain. Yang saya lakukan saat ini adalah saya kuliah mengambil S2 dan sedang dalam penyusunan tesis. Dapatkah konsultan karir memberi pencerahan pada saya yg sudah mulai apatis?

Fira

Dear Sdr.Fira,

Anda menyatakan bahwa selalu ketiban dengan pekerjaan di belakang meja, padahal lebih senang bepergian. Satu hal yang telah terbukti adalah Anda mampu melakukan pekerjaan tersebut dan sangat menyenangkan membaca tulisan bahwa Anda tidak bisa mengandalkan atasan. Memang sebaiknya (seharusnya) mengandalkan keinginan dan kekuatan diri sendiri, seperti yang telah terbukti selama ini, meskipun bukan dirasa bukan passion Anda. Anda telah membuktikan pada diri sendiri bahwa Anda memiliki komitmen, mampu beradaptasi dan memiliki motivasi sukses/prestasi!

Yang kini perlu Anda lakukan adalah memperjelas aktivitas kerja yang diinginkan dari sekedar ‘senang bepergian’. Deskripsikan lebih konkret, jika perlu visualisasikan secara sungguh-sungguh aktivitas dari awal hingga akhir, dari pukul 8 pagi – 5 sore, atau ada pola lain, misal dari 2 siang hingga 8 malam? Dengan orang-orang seperti apa, Anda ingin bekerjasama? Apa yang ingin dicapai di penghujung hari aktivitas dan secara general? Bagaimana suasana dan nuansa tempat kerja yang diinginkan? Gambaran ini akan memudahkan Anda dalam memilih tempat kerja atau jenis pekerjaan selanjutnya. Semoga bermanfaat & terima kasih 🙂

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.