Berpindah Profesi

oleh | 10 February 2012 | 0 Komentar

Dear Tim KonsultanKarir.com,

Selamat siang Bapak/Ibu, perkenalkan saya Doni. Saat ini saya sedang bekerja di salah satu departemen internal audit di perusahaan BUMN. Saya sudah bekerja sebagai internal auditor selama 5 tahun. Dan saya merasakan sangat senang dan bersemangat sekali pada saat berhubungan dengan orang lain, berdiskusi, bercerita dan sharing mengenai keadaan pribadi satu sama lain.

Yang menjadi alasan saya menulis surat ini, adalah saya baru menyadari 2 tahun ini bahwa saya memiliki minat yang kuat berkaitan dengan “Human” dalam hal ini lebih ke psychology, mungkin bukan psycology yang dalam tapi senang membaca karakterisitik setiap orang.

Saya pernah mengikuti pembelajaran di Gereja saya semacam konseling metode Satir. Dan dari situ saya senang mempelajari akan karakteristik. Teman-teman saya berkata bahwa saya mahir menjual, ya, saya sering membantu menjual barang-barang teman saya, dan juga pernah mengikuti MLM dan waktu kuliah pernah bekerja sebagai sales lapangan dan saya rasa cukup berhasil. Namun dikarenakan saya ingin menerapkan apa yang saya sudah pelajari di sekolah, maka saya melamar sebagai internal auditor sampai sekarang.

Intinya, apakah berpindah profesi dari internal auditor ke bagian HR itu memungkinkan? Jika ya, langkah-langkah apa saja yang harus saya ambil agar saya sukses dibidang ini.
Karena saya tertarik sekali untuk bisa berhubungan setiap waktu dengan setiap orang dengan karakter yang berbeda – beda.

Terima kasih banyak sebelumnya, dan maafkan jika saya menceritakan dengan detail.

Dear Sdr. Doni,

Terima kasih atas cerita/informasi detilnya, ini sangat membantu kami untuk memberikan umpan balik yang konstruktif.

Berinteraksi dengan orang memang menantang & menarik untuk sebagian orang, akan tetapi, minat dan skill ini tidak hanya milik profesi psikologi. Dalam implementasinya, ilmu mengamati dan mengenali karakter orang sangat berguna juga di bidang periklanan, penjualan (marketing), bisnis, hingga teknik. Bidang HR sendiri tidak selalu langsung berhubungan dengan orang, melainkan juga mengelola pekerjaan administrasi dan sistem. Bidang HR di antaranya menyusun job description, melakukan analisis jabatan, compensation & benefit, membangun hubungan dengan serikat pekerja, dan sebagainya. Bidang HR juga memerlukan personil dari IT untuk membangun sistem yang efektif.

Mencermati cerita Anda, kami melihat Anda lebih berpotensi untuk mengembangkan diri di bidang yang lebih banyak berinteraksi dengan orang (klien) secara langsung & interaktif. Pengamatan teman Anda bahwa Anda pandai menjual, secara implisit juga apresiasi adanya kemampuan komunikasi persuasif. Silahkan Anda kembali mencatat pencapaian di lingkup ini, meski sepertinya terlihat bisnis sampingan atau bersifat ‘iseng’, tidak jarang justru di sana letak passion dan potensi diri lain. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.