Gagal ‘closing’ dengan klien

oleh | 10 August 2010 | 0 Komentar

Sampai hari ini selama kurang lebih 2 tahun saya telah bekerja di industri media sebagai marketing iklan (Account Executive) di tiga perusahaan yang berbeda…selama menjalankan profesi ini prestasi kerja saya sangat rendah..yang ditandai saya selalu gagal dalam mencapai target penjualan…Sebenarnya saya menikmati pekerjaan ini khususnya dalam hal sering ketemu dengan orang lain..tapi entah kenapa saya sering gagal dalam mencapai “closing” dengan klien.. Saya minta saran dari teman2 konsultan karir dong untuk masalah saya ini..thanks before.

Zed Parentha

Dear Sdr.Zed,

Menikmati pekerjaan memang merupakan salah satu modal untuk menjalani karir. Meski demikian, harus tetap disertai kompetensi kerja guna menunjang peningkatan skill, pengetahuan dan sikap kerja. Senang bertemu dengan orang lain dan melakukan ?closing? dalam marketing dapat menjadi dua hal berbeda. Sebenarnya setiap interaksi atau pertemuan memiliki ‘tujuan’ masing-masing. Bertemu dengan rekan kerja tentu berbeda dengan bertemu klien. Diperlukan pula strategi dan teknik yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Calon klien yang bertemu dengan Anda pun membawa ekspektasi tersendiri, seperti ‘Apa yang bisa saya dapatkan’, ‘Apakah perusahaan/produk Anda tepat untuk kebutuhan perusahaan saya’, dsb. Mengetahui karakter calon klien juga krusial. Lebih detil, Anda dapat menelaah teknik yang selama ini digunakan. Kami juga sarankan Anda untuk mendiskusikan pola kerja Anda dengan rekan atau senior. Mintalah kesediaan rekan Anda untuk bersama melakukan pertemuan dengan klien sebagai ‘pengamat’ dan ‘penilai’ Anda. Buatlah daftar evaluasi dan sediakan waktu khusus untuk evaluasi. Ketrampilan mana yang perlu ditingkatkan, apakah komunikasi persuasi, teknik presentasi, negosiasi atau lainnya. Selanjutnya, minta kembali rekan Anda untuk menilai hasil belajar Anda di lapangan.

Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.