Karir Apa Yang Cocok Buat Saya?

oleh | 3 August 2010 | 1 Komentar

Dear Konsultan Karir,

Di usia 28 tahun, saya masih bingung dan mencari-cari karir apa yg cocok dan tepat buat saya. Saya sudah bekerja selama 5 tahun dan berpindah-pindah tempat kerja tapi tidak ada satu pun yang membuat saya yakin dan nyaman bahwa di situlah seharusnya saya berada.

FYI, saya lulusan S1 Akuntansi (sebenarnya saya tidak suka akuntansi) dan saya tidak pernah bekerja sebagai akuntan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan akuntansi.

Thanks

Janned P.

Dear Sdr. Janned,

Anda telah mengetahui ketidaknyamanan tersebut, sekarang saatnya untuk mencermati lebih dalam. Anda bisa membuat refleksi mandiri dengan menuliskan tiap pekerjaan yang pernah dijalani. Untuk memudahkan, gunakan pola CV lalu tambahkan deskripsi lebih detil tentang aktivitas di tiap pekerjaan. Selanjutnya coba lakukan ?perjalanan? ke masa lalu dan temukan perasaan waktu itu. Momen apa yang menjadi kebanggaan atau kepuasan dalam tiap tugas, apakah memenagkan tender, menanggapi keluhan klien, atau lainnya. Langkah lainnya, kenali secara detil dan tuliskan, apa yang membuat tidak nyaman. Apakah kurang lancarnya komunikasi dengan atasan, jobdes yang kurang jelas, kurang merasa mendapatkan apresiasi atau kurangnya kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan diri.

Pastikan Anda mengenali ketidaknyamanan ini dalam bentuk data objektif. Memang awalnya sulit, karena emosi akan lebih mudah dikenali, rasa kesal, marah dan sebagainya. Tetapi semua itu adalah alarm diri sekaligus respons dari sekitar kita. Nah, kenalilah faktor-faktor sekitar ini dengan memanfaatkan perasaan-perasaan tersebut.


Selanjutnya, tanyakan pada diri sendiri, apa yang makna bekerja dan karir bagi Anda. Deskripsikan kesuksesan dengan jelas, buat indikator goal untuk dapat mengukur kesuksesan. Kenali aktivitas kerja yang membuat Anda merasa paling bahagia, dalam bahasa lain, kenali passion Anda. Anda juga bisa mendiskusikan semua ini dengan pihak/orang kepercayaan yang juga mampu memberikan umpan balik objektif dan membangun. Semoga bermanfaat, terima kasih.


Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

There is 1 comment .

deanny —

jika sudah menemukan karir yang cocok mohon diinformasikan ya mbak Janned…

saya punya perasaan yang sama dengan anda…namun anda lebih berpengalaman…..
sedangkan saya pemula….
saya lulusan s1 akuntansi, dan baru 8 bulan menjadi auditor…saya ingin mencoba hal baru seperti HRD atau marketing….untuk mencari tahu saya lebih cocok kemana….

dan untuk mbak ardiningtiyas, mohon bantuannya juga untuk memberikan saran…

terima kasih banyak…

Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.