Batas usia untuk tujuan & karir yang jelas

oleh | 27 July 2010 | 0 Komentar

Maksimal di umur berapa seseorang harus punya tujuan & karir yang jelas? Mengingat usia pasti berpengaruh terhadap karir seseorang. Terimakasih

Wahyu

Dear Sdr.Wahyu,

Anda benar bahwa usia memberikan pengaruh, tetapi hal ini lebih terkait dengan tanggung jawab sosial, seperti keluarga (pasangan – anak). Sebelumnya perlu dibedakan andatara karier dan pekerjaan. Beberapa pekerjaan secara tegas menuntut kriteria usia sesuai jenjang struktural, tetapi tidak dengan karier. Sosial mengharapkan (menuntut) seseorang telah ‘mapan’ pada usia menjelang 30an sehingga pada usia di atas 30an fokus pada pemenuhan kehidupan termasuk membesarkan anak. Secara implisit, sesungguhnya ‘dunia/sosial’ juga mengharapkan adanya ‘saat memberi kembali’ pada usia tersebut, setelah sebelumnya mendapatkan banyak hal dari pendidikan dsb.

Pada kenyataannya, perkembangan dunia yang mengglobal memberikan ruang privasi lebih untuk individu menentukan karier termasuk mengubahnya. Semakin bertambah usia, diharapkan semakin banyak pemahaman yang didapat untuk memantapkan pilihan karier atau mengubah haluan. Memang semakin dini seorang individu mengetahui keinginan dirinya, nampaknya akan semakin besar peluang untuk kesuksesan kariernya. Yang perlu disadari adalah apakah benar kita bahagia dengan aktivitas kerja yang dijalani? Aktivitas, bukan label struktural atau profesi. Apa yang bisa ditingkatkan (improve), atau kita membiarkan saja hal ini, hanya mengikuti arus sembari menggerutu. Anda bisa membaca artikel menarik tentang ‘penemuan’ karier beberapa orang terkenal berikut:

http://konsultankarir.com/2010/03/11/artikel/11-orang-terkenal-yang-salah-karir-di-umur-30/

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.