Memilih Pekerjaan Ideal

oleh | 21 July 2010 | 0 Komentar

Saya berencana untuk menggeluti pekerjaan di bidang kepenulisan : wartawan, publisher, penulis meski tidak sesuai dengan background akademik sekarang (teknik). Nah, bagaimana cara saya menentukan pekerjaan yang paling ideal dari ke3 pilihan tersebut?

ps : saya sudah menjalani ketiga bidang tersebut saat di bangku smp-sma, sedangkan aktifitas menulis masih saya lakukan hingga sekarang meski untuk kepentingan pribadi.

Terima kasih,

Sifa

Dear Sdr. Sifa,

Sepertinya Anda telah menemukan passion Anda yakni menulis. Jangan lupa, menulis adalah aktivitas ‘teknis’, tintanya bisa teknik, arsitektur, ekonomi, hingga sastra. Penulis adalah pengisi tinta sekaligus penggeraknya yang membuat tulisan itu hidup dan berkarakter. Jika berbicara masalah karier, maka sifatnya sangat personal karena karier merupakan passion, sesuatu yang paling ingin seseorang lakukan dalam hidupnya. Anda yang telah menemukan passion menulis tentu merasakan energi yang meluap, semangat dan pernik-pernik lain yang bercampur kala melakukan aktivitas tersebut. Tidak hanya ketika proses penulisan secara teknis, melainkan juga jauh sebelumnya, pun sesudahnya.

Mungkin beberapa pertanyaan ini dapat membantu: (1) apa makna bekerja bagi Anda? (2) aktivitas seperti apa yang paling membuat Anda bahagia (bermakna & menyenangkan). Lupakan sejenak label atau posisi struktural, walau bisa saja itu yang menjadi jawaban Anda. Tetapi pastikan Anda mengetahui medan dan jenis aktivitas yang paling Anda inginkan. Selanjutnya, Anda bisa memberi label ‘ini pekerjaan idealku’ dengan senyum lebar 😀

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.