Seleksi pegawai tanpa tes marathon

oleh | 11 May 2010 | 0 Komentar

Adakah penerimaan pegawai baru tanpa melalui beberapa tahap tes yang panjang? Alasan utama karena keterbatasan waktu ( masih bekerja ) dan anggapan membosankan karena sudah sering ikut tes sejenis. Kalau masih bekerja pada orang lain, Profesi apa dan di level mana di sebuah perusahaan, yang memberlakukan sedikit saja tes pada saat penerimaan?

Terima kasih atas masukannya

Andi

Dear Sdr. Andi,

Memang membutuhkan energi fisik dan mental tidak sedikit. Bagaimana jika mencoba simulasi mental kecil berikut;

Bayangkan seseorang mengajak Anda bekerjasama, tanpa Anda pernah bertemu sebelumnya atau mendapatkan informasi dari rekan/orang yang Anda kenal terutama tentang kemampuan teknisnya, keilmuannya, motivasi kerjanya, sikap kerjanya, kecenderungannya, singkat kata kompetensinya. Ia tampil rapi dengan membawa CV dan resume berisi prestasi di tempat-tempat yang beberapa Anda pernah dengar, beberapa tidak sama sekali. Anda berbincang sekitar 2 jam dan ia bersikap ramah dan sopan. Apakah Anda akan memberikan tanggung jawab dengannya? Tanggung jawab seperti apa yang tepat?

Sekarang, jika ada seseorang menanyakan sikap kerja, keilmuan, komitmen, motivasi kerja rekan Anda yang telah bekerjasama intensif dengan Anda selama 4 tahun. Apakah Anda akan lancar bertutur tentang dia?

Tes kerja, terutama yang menggunakan metode Asessment Center dengan pola marathon seperti yang Anda kemukakan bertujuan mengenali kandidat, kurang lebih seperti Anda mengenali kinerja rekan kerja yang telah bertahun-tahun. Psikotest menggali potensi individu, sesuatu yang terefleksikan dalam sikap sebagai respons terhadap situasi di luar diri. Asessment center mengacu pada ‘pembuktian’ melalui perilaku tampak, karenanya tes di sini berupa simulasi kerja seperti tugas manajerial, diskusi, presentasi, analisa kasus hingga bermain peran.

Jadi, bagaimana menurut Anda? 🙂 Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.