Menentukan pilihan yang tepat

oleh | 13 April 2010 | 0 Komentar

Salam sukses untuk team KonsultanKarir,

Saya Yani, saat ini bekerja di salah satu perusahaan IT swasta. Secara finansial, perusahaan ini cukup stabil, namun operasionalnya tidak ditunjang dengan prosedur baku atau sistem yang selayaknya diberlakukan untuk perusahaan yang terbilang dpt dikategorikan sbg perusahaan middle class. Selain itu management juga tidak support thd program-program pengembangan keahlian utk departemen dimana saya diposisikan mengingat departemen ini memang terbilang baru dibentuk dan awareness management terlihat kurang sekali. sehingga saya merasa seperti katak dalam tempurung. tidak ada ruang untuk maju, baik support dari sistem utk operasional dan program pengembangan diri.

Beberapa waktu lalu, saya mendapat tawaran menarik dari seorang petinggi salah satu perusahaan BUMN (Beberapa thn lalu saya pernah bekerja di perusahaan pribadi milik beliau) untuk bisa bergabung diperusahaan BUMN tersebut. Tantangannya sangat menarik, karena benar-benar mengasah sekaligus menguji experience & skill saya, dan juga kesempatan untuk bergerak maju lebih besar.

Dalam hal ini saya tidak mau gegabah dalam menentukan keputusan.
Secara keuntungan material, bisa saja memang tawaran baru lebih menggiurkan. Namun saya ingin benar-benar mempertimbangkan dengan baik. Karenanya kiranya KonsultanKarir dapat memberikan saran dan masukan sebagai bahan pertimbangan saya.

Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Aryhani

Dear Sdr. Aryhani,

Terima kasih sebelumnya telah berbagi dalam forum ini. Menyimak analisa Anda yang singkat namun padat, terlihat Anda seorang yang memiliki orientasi prestasi cukup tinggi. Anda telah berhasil merumuskan ketidakpuasan secara jelas dan objektif, sehingga memberikan arah untuk tindakan selanjutnya. Beberapa pertanyaan coba kami sajikan untuk membantu evaluasi mandiri Anda;

1.Berapa lama Anda bekerja di perusahaan ini?
2.Sudahkan Anda berdiskusi tentang masalah ini dengan pihak/personil yang tepat di perusahaan? Informasi apa saja yang Anda dapat? Bagaimana reaksinya dan reaksi Anda sendiri?
3.Berdasarkan jobdes, apa yang potensial untuk mengembangkan kompetensi skill maupun softskill Anda?
4.Apa saja tantangan & kendala utama dalam tugas utama Anda sehari-hari?
5.Bagaimana Anda mengatasinya selama ini?
6.Pihak mana saja yang telah Anda libatkan untuk mencapai target?
7.Bagaimana pola kerjasamanya selama ini?
8.Buatlah daftar pencapaian dari awal masuk hingga hari ini, cermati dinamikanya

Analisa lebih individualnya:
1.Apa yang menjadi motivasi utama dalam berkarir?
2.Apa makna karir bagi Anda?
3.Bagaiamana pola kerja Anda? Apakah cenderung berorientasi pada presisi dan rutinitas atau diversifikasi dan mobilitas?
4.Apa yang ingin Anda kembangkan dalam skill & softskill dalam karir?
5.Aktivitas apa yang paling membuat Anda bersemangat dalam berkarir?
6.Buatlah peta pengembangan karir & kompetensi dalam 1 & 2 tahun ke depan

Analisalah tawaran BUMN dari sisi sifat pekerjaan dan iklim organisasinya. Kemudian gabungkan ketiga analisa tersebut untuk Anda melihat kesesuaian paling optimal dalam berkarir.

Konsultankarir.com memandang karir adalah milik pelaku, di mana kesuksesannya tidak tergantung pada institusi, perusahaan atau orang lain. Dunia global ini menjadi taman untuk kita bereksplorasi termasuk dengan dinamika resiko pembelajarannya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam semangat,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.