Mengatasi masalah pada saat test

oleh | 23 March 2010 | 0 Komentar

Saya wanita berusia 27 thn. Saya menyukai pekerjaan yang tidak monoton, menyukai bidang marketing tapi sampai sekarang saya belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan saya. Beberapa hari yang lalu saya mengikuti test psikotest di salah satu bank pemerintah. Soalnya tidak begitu sulit. Menurut saya, saya bisa mengerjakannya. Saya bingung apakah ukuran standar test selain nilai yang diperoleh, karena waktu yang diberikan begitu singkat. Terima ka kasih

Friska

Dear Friska,
Psikotest bertujuan mendapatkan gambaran intelegensi dan kepribadian seseorang. Lebih jauh lagi, akan dilihat kecocokan antara pola diri dengan jenis pekerjaannya. Misalnya untuk orang yang cenderung suka tampil di muka umum, berinteraksi dengan orang, persuasif, dan memiliki kebutuhan prestasi tinggi, tentu akan lebih optimal ketika melakukan pekerjaan bersifat mobile. Namun ada juga orang yang lebih nyaman bekerja dengan instrumen dan mesin, biasanya mereka juga pola analisanya fokus dan spesialis.

Untuk mendapatkan gambaran kompleks seorang individu, soal-soal yang ada dalam psikotest memang merupakan refleksi dan ‘simulasi’ aktivitas kehidupan yang dipadatkan. Persepsi dan kecenderungan individulah yang menjadi indikatornya. Jenis psikotest juga beragam sesuai dengan tujuan tes (seleksi) itu sendiri. Waktu yang singkat dimaksudkan untuk menstimulasi spontanitas, karena spontanitas menggambarkan ‘hasil belajar’ yang telah melekat bertahun-tahun. Harapannya, hasil psikotest akan lebih mendekati gambaran diri yang sebenarnya. Semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.