Langkah tepat kalau perusahaan tutup

oleh | 20 March 2010 | 0 Komentar

Perusahaan tempat saya bekerja akan pindah ke luar negeri, karyawan semuanya akan
diPHK, sementara saya baru 1,5 tahun bekerja disini. Dalam proses mencari pekerjaan baru saya dihadapkan pada pilihan harus join secepatnya. sementara karena tugas & tanggung jawab saya harus menyelesaikan pekerjaan sampai dgn selesai.
Apa yang harus saya lakukan saya terima tawaran di tempat baru, atau saya selesaikan dulu tugas sy di perusahaan lama, tapi tidak ada yang menjamin untuk masa depan karir saya.

Thanks

Dina

Dear Dina,
Terima kasih untuk berbagi di forum ini. Apakah perusahaan baru tersebut mengetahui posisi Anda? Sebaiknya Anda mendiskusikan dengan perusahaan baru maupun lama, karena situasi perusahaan lama pun telah jelas. Biasanya perusahaan akan menanyakan kesiapan calon untuk bergabung di perusahaan baru. Ini telah menjadi etika yang dipahami dalam dunia kerja. Sebaiknya Anda estimasi tepatnya kapan pekerjaan tersebut selesai, biasanya toleransi sekitar 2 minggu untuk bergabung. Hal ini untuk memberikan waktu persiapan pelimpahan dokumen ke rekan kerja yang akan menggantikan posisi yang akan ditinggalkan. Bisa juga mengacu pada kalender yakni menuntaskan di perusahaan lama hingga akhir bulan, dan baru bergabung di awal bulan ke perusahaan baru sehingga memudahkan administrasinya. Karenanya biasanya ada aturan di perusahaan tentang pengunduran diri, bisa sebulan sebelumnya atau lebih cepat (bervariasi di tiap perusahaan).

Sebaiknya Anda bertemu dengan HRD perusahaan baru dan membicarakan kepastian Anda bergabung. Semoga bermanfaat.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.