Ingin beralih profesi

oleh | 26 January 2010 | 0 Komentar

Dear KonsultanKarir,

Umur saya 30 tahun dan pendidikan saya adalah s1 teknik sipil. Pengalaman kerja saya adalah sebagai berikut:

  • Satu setengah tahun sebagai perancang gedung (structural engineer) saya berhenti bekerja karena pada prinsipnya saya tidak suka pekerjaan yang membutuhkan pemikiran dan perhitungan yang mendalam;
  • Dua setengah tahun (sampai sekarang) sebagai insurance loss adjuster, gambaran pekerjaannya adalah sebagai penilai kerugian dari suatu klaim asuransi. Pekerjaan ini membuat saya harus meghadapi perselisihan-perselisihan dimana pihak claimant terkadang tidak setuju dengan nilai rekomendasi yang saya ajukan. Biasanya hal ini diselesaikan melalui negosiasi. Saya berfikir untuk berhenti kerja sebab saya adalah tipe orang yang damai dan tidak suka perselisihan.

Sebagai gambaran, saya adalah tipe orang yang bebas dan tidak mau terikat, saya senang menolong orang lain, saya tidak suka bertanggung jawab kepada orang lain saya hanya ingin bertanggung jawab pada diri sendiri saja, saya tidak mau diatur oleh orang lain saya ingin mengatur diri saya sendiri. Saat ini saya berfikir untuk beralih profesi menjadi seorang agen asuransi (marketing).

Apakah keputusan saya ini tepat…? Mohon sarannya dan terima kasih.

Salam,
Daniel

Dear Sdr. Daniel,

Memang tidak mudah untuk menentukan fokus karir, karena itulah asessment karir diperlukan. Melihat gambaran singkat Anda, beberapa saran yang perlu dipertimbangkan adalah;

  • apakah Anda lebih suka aktivitas yang melibatkan interaksi antar pribadi secara intensif? Atau dengan data/mesin?
  • apakah Anda lebih suka merancang perencanaan dari nol atau mendelegasikan pada orang lain sementara Anda menentukan garis besarnya saja?

Kemungkinan Anda lebih berminat pada pekerjaan yang terkait dengan individu, karena alternatif yang diajukan cenderung ke sana. Kami sarankan untuk menggali profile personal dengan asessment karir/psikologi. Anda bisa mendapatkan dari beberapa kuis psikologi karir & minat, termasuk yang tersedia di web ini.

Harapannya, penilaian ‘objektif’ tersebut bisa melengkapi analisa profile karir Anda. Kesesuaian antara profile minat karir dan pekerjaan (termasuk budaya perusahaan) yang akan membuat seseorang nyaman dalam bekerja dan berkarir. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.