Minat dan bakat sesungguhnya

oleh | 26 November 2009 | 0 Komentar

Saat ini saya mahasiswa semester akhir di salah satu universitas negeri,jurusan yang saya ambil adalah ekonomi manajemen, saya bingung antara melanjutkan study, bekerja atau berwirausaha, mohon bantuannya, trimakasih.

Dian Kurniawan

Dear Sdr.Dian,

Anda telah memiliki setidaknya 3 opsi (melanjutkan studi, bekerja, berwiraswasta). Pertanyaan sesungguhnya: apa yang ingin Anda lakukan? Semua pilihan memiliki konsekuensi di mana Andalah pelaku yang harus bertanggung jawab. Identifikasi segera potensi, skill, minat, bakat Anda. Bisa dengan cara sederhana semacam matriks inventarisasi diri dengan metode standar SWOT misalnya, berdiskusi dengan teman, dosen, orangtua dll. Analisa juga sumber daya yang ada saat ini dan yang mungkin untuk dikembangkan dalam jangka pendek. Sertakan passion Anda dalam pilihan tersebut, ini akan menjadi motivasi penguat komitmen ketika telah mengambil keputusan.

Informasi yang Anda tuliskan masih sangat general dan minim, kenalilah keinginan sendiri dengan menuliskannya secara spesifik. Begitu mengetahui keinginan utama diri, akan lebih mudah untuk diri melihat dan menyadari berlimpah kemungkinan di sekitar Anda.

Teori vocational Holland menyatakan seseorang akan lebih optimal ketika berada di dalam tipe lingkungan yang selaras dengan tipe preferensi dirinya. Ini bisa Anda gali melalui asessment online di web atau tatap muka. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.