Wawancara Kerja

oleh | 24 November 2009 | 0 Komentar

Selamat Pagi,

Wawancara kerja masih merupakan momok bagi saya di dalam mendapatkan pekerjaan. Sampai saat ini saya masih bekerja freelance saja. Sedangkan karena tuntutan waktu dan usia mengharuskan saya untuk segera mendapatkan pekerjaan yang tetap.

Menurut Bapak/Ibu bagaimanakah menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti sebutkan kelebihan Anda maupun kekurangan Anda. Sudah berbagai saran dari beberapa teman maupun kerabat yang telah saya praktekkan, namun hasilnya tetap nihil. Banyak yang bilang jawab dengan jujur sesuai dengan diri kamu yang sebenarnya. Tapi tetap saja saya tidak lolos.

Bagaimana mensiasatinya?
Terima kasih atas saran dan bimbingan dari Bapak/Ibu.

Jarot

Dear Sdr.Jarot,

Pertanyaan & jawaban tentang kelebihan dan kekurangan tidak signifikan menjadi tolak ukur lolos/tidaknya wawancara. Ada banyak sekali faktor yang digali dan dinilai sampai pewawancara merekomendasikan Anda pada perusahaan untuk menjadi karyawan di sana. Salah satu landasan yang digunakan adalah kompetensi – potensi, skill, sikap dan proses yang lazim digunakan adalah asessment center (multi instrumen/asesor), salah satunya interview. Ada juga tes intelegensi dan preferensi sikap-minat yang tujuan semuanya adalah menjawab apakah Anda memenuhi syarat minimum untuk di level aplikasi. Itu baru bicara kompetensi kandidat, sementara penentuan kompetensi tiap level dan jenis pekerjaan juga tidak sederhana. Semakin kompleks asessment yang dikenakan, semakin mendekati akurasi profile kandidat yang akan didapatkan.

Saran saya, jangan hanya fokus di pertanyaan tersebut tapi keseluruhan proses. Pertanyaan tersebut kurang lebih ingin menggali kemampuan Anda dalam interospeksi diri, analisa dan langkah yang telah dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang perlu ditingkatkan. Juga bagaimana Anda memandang diri sendiri, dunia sekitar dan rencana ke depan. Pewawancara menggunakan sekian pertanyaan untuk menggali kompetensi Anda, termasuk di pertanyaan tersebut. Terus gali potensi diri sehingga proses interview menarik untuk kedua pihak., pelajari teknik menjawab dengan STAR (situation,task,action,result) yang juga bisa ditemukan di web ini. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.