Menghadapi psikotest dan apa saja pertanyaan dalam wawancara assesment

oleh | 14 November 2009 | 0 Komentar

Minggu depan saya mau assesment, bagaimana tips_s untuk menghadapi psikotest dalam rangka assesment dan apa saja biasanya yang ditanyakan dalam wawancara assesment.
Terimkasih atas bantuannya.

Lulus Heriyanto

Dear Sdr.Heriyanto,
Istirahat dua hari sebelum asessment. Artinya, jangan berpikir tentang asessment tersebut, siapkan mental Anda agar segar hingga optimal. Psikotes bukan tes untuk mengetahui skill yang dipelajari, sebaliknya untuk mengetahui hal-hal yang ‘tidak dipelajari’. Contoh, logika berpikir, kemampuan analisa, sikap kerja, pola perencanaan kerja, kekuatan verbal, numerik (angka), spasial (ruang), kecenderungan kepribadian, dsb. Semua ‘skill’ tersebut telah Anda ‘pelajari’ sepanjang hidup hingga saat ini. Cara terbaik menampilkan kemampuan secara optimal adalah dengan menyiapkan kondisi fisik dan mental dengan segar.

Jika proses tersebut menggunakan metode asessment center, Anda akan mengerjakan serangkaian tugas yang menguras tenaga & pikiran. Akan ada tugas tertulis, diskusi, analisa kasus & presentasi, ditutup dengan interview cukup panjang. Kurang lebih 4-5 jam untuk seluruh proses. Anda bisa mencari tahu lebih detil di internet untuk memberi gambaran dan kesiapan mental sehingga tidak terlalu asing. Libatkan diri Anda secara penuh dalam proses asessment, ketika berdiskusi, presentasi dsb.

Pelajari kembali CV Anda, berlatih menjelaskan satu pengalaman kerja dengan pola STAR (situation, task, action, result) dengan rekan/teman. Hal ini akan membantu Anda mengingat pengalaman kerja sebelumnya sehingga Anda pun akan nyaman dalam proses interview. Semoga bermanfaat & terima kasih.

tips & trik wawancarawawancara kerja

Salam,
Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.