krisis kepercayaan diri

oleh | 30 July 2009 | 0 Komentar

saya berusia 23 tahun saya pendidikan terakhir S1 ekonomi akuntansi, saat ini saya kehilangan kepercayaan diri dalam melamar pekerjaan. setiap ada panggilan dan mengikuti tes selalu gagal apalagi yang berhubungan dengan tes psikologi padahal saya sudah cukup mempersiapkan diri, sekarang saya jadi ga Pede ngelamar pekrjaan, dibenaj saya sudah pasti berpikr “pasti ga lolos nih “
ada solusi gak buat mengatasi hal ini.

Dear Ferdi,

Memang tidak mudah menghilangkan ?trauma’ kegagalan. Tidak mudah, bukan tidak mungkin. Tahukah Anda, studi membuktikan ‘mantra’ diri sendiri adalah resep paling canggih. Psikologi mengenalnya sebagai ‘self-prophecy fulfilment’, mantra itu adalah kode untuk otak menjalankan segala pola pikir, sikap hingga tindakan Anda. Anda memiliki ‘kekuasaan’ atas pikiran Anda, Anda berhak memilih musik favorit, makanan, juga apa yang perlu didengar, dilihat atau tidak. Kabar baiknya, Anda tidak menolak kondisi psikis yang sedang down. Tidak semua orang mampu menerimanya. Kini lakukan cooling down. Cobalah untuk melakukan hal lain yang ‘tidak berhubungan’ dengan lamaran pekerjaan atau psikotes. Ilmuan Archimides pun berseru “Eureka” ketika berendam santai, artinya otak kita tetap bekerja, namun kondisi rileks lah yang melancarkan aliran solusi.

Psikotes menggali diri Anda, bukan rekaman studi atau mengujinya. Apakah diri Anda sesuai dengan posisi pekerjaan dsb. Kondisi diri yang prima secara psikologis lah yang diperlukan, jika Anda merasa tertekan atau menekan diri dengan cara demikian, hasilnya pun tidak maksimal. Anda bisa mencoba assessment online di web ini untuk melihat kesesuaian minat – kepribadian serta cakupan karir yang tepat untuk dieksplorasi.

Semoga bisa membantu dan tetap semangat!

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.