CV yang cocok

oleh | 28 July 2009 | 0 Komentar

Selamat siang. Saya Herman,laki-laki,24thn. saat ini saya sedang menyelesaikan pendidikan jenjang S1 di Fakultas Psikologi UI, saya mahasiswa pindahan, dan kuliah di kelas ekstensi (sore hari). sebelumnya saya kuliah di fakultas yang sama(psikologi) di UNDIP semarang sampai semester 7. sehingga di UI saya hanya menyelesaikan sisa sks yang harus ditempuh untuk jenjang sarjana.selama kuliah, saya cukup punya pengalaman yang bisa menunjang saya bekerja di bidang yang saya minati, yaitu di HRD. namun kesulita saya sekarang adalah, tentang bagaimana saya mengemas CV saya agar menarik dan pihak perusahaan mau mempertimbangkan saya,mengingat status saya yang masih tercatat sebagai mahasiswa, namun saya BISA PASTIKAN dengan pengalaman2 kerja secara langsung dan ilmu yang saya dapatkan dari 2 universitas ini (UI dan UNDIP) cukup bisa membuat saya bersaing dan tidak kalah dengan para fresh graduate. atau mungkin bidang pekerjaan/perusahaan apa yang kira2 bisa menerima kondisi saya seperti sekarang? mengingat semakin hari saya merasa harus segera mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan di Psikologi selama kurang lebih 6 tahun (terhitung sejak 2003 s/d sekarang)
terimakasih atas saran dan balasan dari Bapak/Ibu..

Salam,

Hermanto Ginting

Dear Hermanto,

Senang sekali membaca keyakinan diri Anda, itu sudah modal besar untuk berkiprah di dunia kerja! Mengingat status mahasiswa, Anda perlu lebih cermat dan sabar untuk menemukan posisi yang tidak full-time. Posisi paruh waktu cukup jamak di dunia psikologi, terutama di konsultan. Setahu saya, UI juga mengadakan semacam workshop asesor untuk mahasiswa psikologi tingkat akhir. Mungkin Anda sudah memiliki pengalaman ini, jika demikian, tinggal mempelajari medan, terutama di Jakarta. UI juga memiliki Career Centre. Mengikuti workshop & seminar menjadi langkah potensial untuk mengembangkan jejaring dan wawasan dunia bisnis. Jangan lupa, siapkan kartu nama, meski Anda masih mahasiswa, tuliskan status mahasiswa, info kontak dan pengalaman Anda.

Mengenai CV, coba buat customized, bisa disesuaikan dengan tipe bisnisnya, jika melamar ke dunia kreatif, Anda bisa sedikit sentuhan seni, beda lagi jika ke perusahaan minyak, institusi pemerintah, atau dunia pendidikan. Meski demikian, sesuaikan juga dengan posisi yang dilamar. Tuliskan secara singkat di surat lamaran, di sini perlu customized juga, pilih pengalaman/kompetensi utama yang dibutuhkan pada posisi tersebut (dan akan berbeda di surat lamaran lain). Selanjutnya, beri deskripsi singkat di tiap daftar pengalaman; waktu pelaksanaan, tempat, objective kerja, posisi dan tanggung jawab. Keterangan ini biasanya akan menarik, menjadi selling point, dan yang akan digali dalam proses interview.

Semoga berhasil & tetap semangat!

Salam,

Ardiningtiyas

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.