bagaimana jawaban yang baik..?

oleh | 17 July 2009 | 0 Komentar

Selamat sore..

salam kenal dari saya.,. beberapa hari ini saya pernah di wawancara dalam rangka proses seleksi penerimaan pegawai di suatu perusahaan. dan saya mendapat pertanyaan :
Coba sebutkan 5 kelebihan kamu & 5 kekurangan/kelemahan kamu..?
mohon saran bagaimana menjawab pertanyaan itu. dan kalo berkenan di berikan contohnya.,
karena bagi saya pribadi, menceritakan kelebihan diri sendiri bukan hal yang patut kita lakukan…

Terima kasih..

regard
kris

Dear Kris,

Untuk budaya kita memang sepertinya kurang patut menceritakan kelebihan. Tapi kita juga mesti melihat konteksnya. Anda sedang melamar kerja, sudah pasti pemberi kerja ingin tahu apa yang bisa Anda berikan untuk mereka dan membantu mereka membuat keputusan, tentunya dengan harapan Anda diterima bekerja di tempat tersebut.

Jadi Anda perlu menyebutkan kelebihan Anda dengan yakin, tidak harus merasa risi atau segan. Bersikaplah sebagai profesional, tunjukkan kelebihan Anda dengan menceritakan bagaimana kelebihan tersebut dapat membantu perusahaan berkembang dan berikan contoh-contohnya yang pernah terjadi. Dengan demikian cerita Anda menjadi lebih meyakinkan.

Mengenai kelemahan, carilah kelemahan Anda yang paling tidak sudah mampu Anda atasi. Kelemahan itu tidak berkaitan dengan kebiasaan jelek. Misalkan ada suka terlambat, jangan sebutkan kelemahan ini. Cari kelemahan lain, tapi tentunya Anda juga perlu jujur dengan diri sendiri. Ceritakan kelemahan, yang juga menunjukkan ‘kekuatan’ Anda, tapi sekali lagi Anda harus jujur dengan diri sendiri. Misalkan, kelemahan Anda adalah tidak sabar dengan orang-orang yang kerjanya lambat, nah dengan menyebutkan ini, berarti Anda sudah menjual diri Anda sebagai pekerja yang ingin cepat dalam menuntaskan pekerjaan. Cari juga kelemahan yang sudah Anda atasi, misalkan kelemahan dalam hal perfeksionis, katakan bahwa ini kelemahan dan Anda sudah mengatasinya dengan melakukan A, B, dan C. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak membiarkan kelemahan tersebut mempengaruhi kinerja Anda.

Demikian Kris, semoga membantu.

Salam,

andin

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.