Memilih Jurusan S2?!

oleh | 15 July 2009 | 30 Komentar

Saya lulusan S1 jurusan pendidikan Teknik Elektro (S.Pd),saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke jenjang S2 dengan mengambil jurusan Teknik Informatika pertanyaan saya :

1. Sebaiknya saya langsung mengambil S2 atau mencari pengalaman kerja dahulu atau kerja sambil kuliah S2?!
2. Apakah S1 dn S2 saya bisa di katakan berhubungan? apabila tidak bagaimana efeknya pada dunia kerja kedepan? apakah ijasah S2 saya bisa di pakai?!
3. Apakah saya masih punya kesempatan untuk melamar menjadi dosen di PTN karena saya dengar bahwa syarat menjadi dosen harus linier antara S1 dan S2?!
4. Bagaimana peluang kerja lulusan S2 di indonesia, khususnya untuk magister teknik informatika?!

Mohon bantuannya pak dan terima kasih

Dear Syaiful,

Pertanyaan Anda cukup padat. Saya coba menjawab dengan padat juga J

  • 1. Ini berkaitan dengan keinginan Anda sendiri. Masing-masing pilihan ada plus minusnya. Langsung ambil S2, berarti Anda sekolah lagi, dan siap dengan tugas-tugas perkuliahan, jika Anda bisa menikmatinya dan tidak ada kesulitan keuangan ini bisa Anda lakukan. Apalagi saat ini tidak ada aturan bahwa untuk ambil S2 harus memiliki pengalaman kerja dulu. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman kerja dulu, Anda bisa mengambil pilihan ini. Tapi kemungkinannya adalah keinginan S2 Anda akan tertunda dan ada kemungkinan tidak bisa dilakukan karena keasyikan bekerja atau sebab-sebab lainnya. Namun dengan mengambil pilihan ini, Anda juga akan jadi lebih tahu, apakah Anda memiliki passion ke teknik informatika. Cobalah cari kerja yang berkaitan dengan bidang keilmuan tersebuttersebut. Nah yang ketiga ini yang paling berat, tapi jika Anda yakin bisa membagi waktu dengan baik, hal ini bisa dilakukan. Sekali lagi semua pilihan kembali ke Anda, karena Anda sendiri yang paling mengenali diri Anda.
  • 2. Bisa dikatakan ya, bisa dikatakan tidak. S1 dan rencana S2 Anda sama-sama di bidang teknik, tapi yang satu berkaitan dengan dunia pendidikan sementara yang lain berkaitan dengan teknik di bidang informasi. Saya pikir efeknya lebih berkaitan dengan diri Anda sendiri, jika Anda yakin ingin berkarir di bidang informasi pasti ijazah S2 Anda berguna. Tapi jangan menutup diri dengan kemungkinan-kemungkinan lain diluar itu. Saya rasa, ijazah apapun yang kita miliki pastinya memiliki keuntungan masing-masing. Memang semakin ilmu dan pekerjaan kita sejalan akan semakin baik. Namun, tetap usahakan untuk bersikap fleksibel dan terbuka dengan peluang-peluang yang ada.
  • 3. Saya kurang tahu aturan main untuk jadi dosen PTN, setahu saya tiap-tiap PTN memiliki kebijakan sendiri terutama PTN yang telah menjadi BHMN. Ini harus Anda cari tahu lebih dalam, terutama jika passion Anda memang di dunia pendidikan.
  • 4. Saya pikir peluangnya masih cukup besar, karena industri ini termasuk bagian dari industri kreatif yang menjadi fokus dari pemerintahan saat ini. Di sisi lain, semua hal yang berkaitan dengan teknologi saya rasa hingga tahun-tahun ke depan masih sangat dibutuhkan. Tapi yang paling penting adalah Anda harus yakin bahwa Anda memang ingin berkarir di bidang ini sehingga Anda dapat menikmati pekerjaan-pekerjaan di bidang tersebut.
  • 5. Semoga membantu.

Salam,

andin

Share this post :

There are 30 comments .

Syifa amanda

Q seorg mahasiswa s1 jrusn hkum ip q 3.semester 7.org tuaq ingnx q dpt ip 3.5 dlam 4 taon.q ingnx 3.5 thn dgn ip 3.2.skrg yg mana yg q plh?
Mama ingnkan q jd notaris.papa ingnkan q jd konsultan.q plh yg mana? Sdgkn q kuliah di hkm aja di blg papa tdk memliki kemampuan n ktx byk dibantu krn ibuq dosen.pdhl q dah lumyn berusha.q rasax ingn ambl jurusn slaen hukum aja biar ga mendumplang predkt org tua.tp jurusan apa?dan dimana? Papa ingnkan ui.mama ingnkan australi.q ga tau dimana yg tebaek.q ga punya tjuan n plhan.tlg bgt bantu q.q msk kul s1 dgn cra pmdk.

Reply »
    Wendi Dinapis —

    assalamualaikum
    maaf mau bertanya saya lulusan D4/S1 Manajemen Informatika Rekam Medis…saya sekarang kerja di Kementrian Sosial RI di UPPKH.saya ingin melanjutkan S2 tapi saya masih bingung harus mengambil jurusan apa sedangkan saya ada keinginan jadi dosen. yang ingin saya tanyakan…
    1. apakah saya harus mengambil S2 yang linier dengan S1 atw gimana?

    2. menurut ibu jurusan S2 yang harus saya ambil apa ya biar bisa sinkron dengan kerjaan dan keinginan jadi dosen

    3. menurut ibu Jurusan S2 apa yang sanagt dibutuhkan di era MAE skarang

    terima kasih,,,mohon jabwabannya

    Reply »
      konsultankarir —

      1. menjadi dosen sebaiknya pilih jurusan yang linear karena linearitas memberikan kemudahan untuk proses administrasi jika nantinya kamu berkembang menjadi professor.
      2. Untuk sinkron, tentunya kamu perlu mencari tahu lebih dalam terkait jurusan kamu sebelumnya, bisa ditanyakan ke universitas atau di cek ke website-websitenya.
      3. MEA pada dasarnya memberikan kemudahan untuk ekspatriat Asia bekerja di negara kita, sepanjang kamu mencintai dan mau mendedikasikan ilmumu untuk kepentingan yang lebih besar dari diri sendiri, pekerjaan itu akan memberikan kembali kebaikannya pada dirimu
      4. Semoga sukses!

      Reply »
dewi —

saya adalah mahasiswa yang baru lulus s1 dari program studi pendidikan teknik mesin unsri sumatera selatan. saya ingin melanjutkan kuliah s2 dengan jurusan teknik kimia energi. yang jadi masalah adalah saya kan dari pendidikan kemudian ke teknik. apakah yang saya pilih itu baik ?//

terimakasih

Reply »
yandri —

saya mahasiswa tamatan S1 Jurusan teknik mesin dan setalah 1 tahun ini saya telah bekerja di perusahaan sebagai Engineer dengan kerjaan berhubungan dengan planning, scheduling, monitoring (cost and Equipment). dan pertanyaan saya :
1. Jurusan S2 apa yang cocok dan berhubungan dengan saya, apakah masih di jalur teknik atau berhubungankah jika saya mengambil bgn management bisnis?
2. Bagaimana peluang kerjanya untuk masing2 jurusan tersebut.

Mohon tanggapan dan bantuannya.
terima kasih

yandri

Reply »
Rama Sejati

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai “memilih jurusan” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Memilih Jurusan ?

Reply »
Putrawangsa —

Saya adalah penyandang sarjana pendidikan matematika tahun 2010. Saya berminat melanjutkan pendidikan saya pada jurusan pendidikan teknologi dan kejuruan di UNY. yang ingin saya tanyakan, yaitu:
1. Bagaimana peluang saya diterima sebagai mahasiswa magister pendidikan teknologi dan kejuruan di UNY mengingat S1 saya konsentrasinya pada ilmu matematika.
2. Mohon uraian mengenai peluang jurusan pendidikan teknologi dan kejuruan di masa depan.
3. Apakah perbedaan konsentrasi pada S1 dan S2 tersebut dikatakan tidak linier, sedangkan dua-duanya masih merupakan jurusan pendidikan.
Mohon penjelasannya dengan segera dan saya ucapkan terima kasih.

Reply »
nurul —

mau nanya ni..
saya saat ni masih kuliah di S1 pendidikan guru sd.
dan saya berminat setelah tamat mau ambil S2,,
tp saya masih bingung, kalau tamat dari PGSD jrusan apa aza yg bisa diambil untuk S2?????

Reply »
Bekti —

Saya lulusan teknik informatika di PT swasta di Kediri-Jawa Timur IP=2.73.saya bekerja sebagai guru komputer di SMK swasta di Kedri.Sebelum kuliah di teknik Informatika th 1997,tahun 1987 saya kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada.Karena itu saya berkeinginan berat untuk melanjutkan kuliah S2 di Teknik Informatika Universitas Gadjah Mada.yang saya tanyakan : apakah mungkin derngan IP sekian saya diterima?,meskipun Perguruan tinggi saya tempat kuliah Teknik Informatika sudah terakreditasi BAN,mohon bantuan jawbannya(bisa hub.sms di 085-731-630-235)terima kasih

Reply »
Putri —

Saya lulusan S1 Manajeman Transport Udara, saya sudah berkerja d salah satu perusahaan ternama d indonesia, dengan bagian perkapalan, saya ingin melanjutkan kuliah S2, yg saya tanyakan, apa jurusan S2 yg sesuai dengan perofesi d perkerjan saya sekarang?? Untuk melanjutkan S2

Reply »
gatada —

Saya lulusan S1 Pertanian Agribisnis, saya lulus sertifikasi matematika dan mengajar di Sekolah Swasta sebagai guru matematika dan guru TIK sebagai tenaga honorer di SMA Negeri dan mengelola kursus komputer. Saya berniat untuk kuliah S2 matematika namun saya bimbang ingin kuliah di S1 Teknik Komputer, sebaiknya apa yang harus saya tempuh kuliah di S2 Matematika atau kuliah di S1 Komputer yang jelas keduanya tidak linier dengan S1 saya

Reply »
dutapraja

terima kasih artikelnya, cukup membantu saya..

Reply »
silfi —

saya adalah mahasiswa s1 biologi… program s2 apa yang kira kira cocok untuk lulusan s1 biologi dan bermasa depan cerah

Reply »
ahmad syafii

nama saya ahmad syafii,saya lulusan s1 teknik informatika, akan tetapi sebelum saya lulus s1 tahun 2010, saya sudah mengajar di beberapa tempat di daerah saya mulai tahun 2008 dan alhamdulillah sampai saat ini saya masih mengajar..jadi terhitung 5thun berjalan, jujur saya sangat suka dengan dunia pendidikan akhirnya pada tahun 2010 saya juga mengambil akta IV sebagai syarat kependidikan saya untuk mengajar..yang saya tanyakan: saya sangat ingin kuliah s2, akan tetapi jurusan apa sekiranya prospek untuk tahun kedepan?

Reply »
anwar —

Saya lulusan Sarjana pendidikan islam, pengen ngelanjutin ke S2, jurusan apa aja ya?

Reply »
Tyas —

Dear Sdr. Anwar,

Coba jawab dulu pertanyaan ini: mengapa ingin melanjutkan ke jenjang S2, dan apa aktivitas kerja yang paling Anda inginkan kelak? Anda akan menemukan jawabannya setelah menjawab pertanyaan ini secara detil. Selanjutnya perbanyak informasi tentang jurusan di S2 sesuai arah karir di depan 🙂 Terima kasih

Salam,
Tim Konsultankarir.com

Reply »
Faradillah Rachmadani M.Nur —

Assalamu’alaikum
Saya lulusan Pendidikan Matematika, mau melanjutkan s2 tapi bingung mau mengambil jurusan statistika atau pendidikan matematika.
kalau saya mengambil s2 statistika,
“apakah itu sejalan dengan s1 saya?” dan “apakah saya nda bakal kewalahan saat saya belajar statistika?”

Menurut admin sendiri, yang mana lebih menjanjikan prospek kerjanya setelah lulus s2 statistika atau s2 pendidikan matematika?

“Apakah universitas juga menentukan mudah tidaknya diterima bekerja nantinya?”

Terima kasih, mohon pencerahannya 🙂

Reply »
    konsultankarir —

    Yang menentukan mudah tidaknya bukan universitas tetapi kemauan diri sendiri untuk terus belajar, kalau tidak belajar sudaha pasti sulit.
    S2 matematika dan statistika itu masih satu rumpun, linear atau tidak sebaiknya bisa dipastikan ke DIKTi.

    S2 Statistika saat ini lebih menjanjikan karena bersifat aplikasi dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan2 yang berbasis teknologi, sementara matematika lebih kepada pengembangan teori dan konsep, tentunya ada peluang juga, namun peluangnya mungkin lebih sedikit dibandingkan statistika

    Reply »
dewi —

dear admin,
nama saya dewi, saya lulus S1 jurusan teknik geologi dan sekarang bekerja di dinas pertambangan dan energi. saya ingin melanjutkan S2. jurusan apakah yang bisa saya ambil? apakah saya cocok mengambil jurusan teknik lingkungan?
mohon solusinya…thx

Reply »
    konsultankarir —

    S2 yang sesuai dengan minat dan bakat serta membantu pengembangan karir Anda ke depannya
    Apakah teknik lingkungan cocok untuk Anda? Anda yang lebih tahu bukan? jurusan apapun yang Anda pilih pastinya itu yang terbaik untuk Anda sepanjang Anda telah mempertimbangkan cost dan benefitnya serta konsekuensinya di masa depan Anda

    Reply »
burhanuddin —

saya jurusan s1 nya jurusan manajemen pendidikan islam, kalau mau lanjut s2 cocoknya jurusan apa ya.. mohon share nya.

Reply »
    konsultankarir —

    S2nya yang berkaitan dengan S1 jika Anda memang berminat mengembangkan diri di bidang tersebut.
    S2nya tidak perlu yang sejurusan S1, tapi bidang itu adalah bidang yang Anda minati dan akan lebih baik jika bidang itu juga berkaitan dengan bakat Anda.
    Lakukan asesmen minat dan bakat untuk mengetahuinya lebih dalam

    Reply »
Galuh Rekyan Andini —

Selamat pagi saya galuh Sekarang saya mahasiswi S1 dg jurusan PGSD. Saya bercitacita ingin melanjutkan S2 diluar negeri tapi saya bingung harus mengambil jurusan apa. saya mohon bantuannya untuk memilih jurusan yang sesuai terima kasih .

Reply »
    konsultankarir —

    Supaya tidak bingung ada baiknya mengikuti asesmen minat dan bakat, semakin kita mengenali diri sendiri akan semakin baik pilihan yang akan dibuat

    Reply »
tia —

assalamualaikum,saya lulus kulia dengan ipk 2,74 dgn jurusan psikologi kalau sy mau meneruskan pendidikan sya ke s2 masi bisa tidak ya? ke uni versitas mana sya harus meneruskan

Reply »
    konsultankarir —

    Bisa sepanjang kamu lulus ujian masuknya..
    Universitas yang tentunya menerima kamu bukan? Semakin berkualitas universitasnya, tentunya akan semakin baik peluang kamu terbuka untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafide

    Reply »
hasenzah —

Sejak lulus SMA saya honor menjadi guru di SD Negeri.sambil kuliah jarak jauh jurusan Ilmu pemerintahan di UT, karena syarat untuk kuliah jurusan S1 PGSD susah. Jadi Apa kedepan kira-kira S2 jurusan yg terbaik untuk saya dng kerjaan saya sekarang?

Reply »
    konsultankarir —

    Jurusan S2 yang terbaik tentunya yang dijalani dengan hati senang dan direncanakan dengan matang.
    Mungkin ada baiknya Anda cari tahu lebih mendalam terkait ilmu pemerintahan itu sendiri dan kaitkan dengan rencana Anda ke depan untuk mengembangkan karir Anda. Semakin jelas bagaimana Anda akan mengembangkan karir, akan semakin jelas pula S2 apa yang nantinya akan Anda ambil.

    Salam,

    Reply »
Angelina Tria Puspita Rini —

Dikesempatan kali ini saya akan menanyakan mengenai jurusan ataupun program studi yang akan saya ambil di S2 nanti.
Sebentar lagi saya akan menyadang gelar Sarjana Teknik karena saya mengambil jurusan S1 Teknik Informatika. Saya ingin langsung melanjutkan S2 dan mengambil jurusan ilmu komunikasi yang berkaitan dengan jurnalistik. Karena saya merasa passion saya ada di ilmu komunikasi. Yang saya tanyakan apakah bisa jika saya nanti langsung mengambil S2 dengan jurusan ilmu komunikasi ? Dan saya juga menyakan kemungkina-kemngkinan apa yang akan saya hadapi jika saya mengambil ilmu komunikasi tersebut ? Di satu sisi saya ingin menjadi dosen sekaligus menjadi jurnalistik lebih tepatnya presenter televisi. terimakasih 🙂

Reply »
    konsultankarir —

    Bisa, sepanjang kamu lulus tes masuk S2 Komunikasi. Setahu kami S2 komunikasi membuka peluang dari jurusan manapun untuk mendaftar.
    Jurusan komunikasi memberi peluang yang besar di dunia kerja, karena sampai kapanpun orang pasti butuh berkomunikasi, namun karena peluangnya besar yang berminat pun berjubel… jadi tetap ada kompetisi yang ketat di dalamnya. Ada baiknya bila kamu bisa mengkombinasikan keahlian IT dengan komunikasi, sehingga memberi kelebihan tersendiri dalam kemampuan kamu.

    Salam,

    Reply »

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.