Bidang untuk kombinasi psikologi, bahasa, dan media/entertainment

oleh | 2 June 2009 | 0 Komentar

Saat ini saya kuliah S1 di jurusan Psikologi. Untuk bidang pekerjaan, sebentar lagi saya akan memulai karir sebagai guru bahasa Inggris, sedangkan dua tahun terakhir saya berpengalaman bekerja sebagai penyiar radio (serta sebagai vokalis band, dubber, dan MC untuk part-time jobs-nya). Untuk S2 nanti, saya lebih tertarik untuk meneruskan di bidang bahasa atau entertainment/media karena saya merasa passion saya lebih pada kedua bidang tersebut. Yang ingin saya tanyakan, jurusan apakah yang sebaiknya saya ambil, yang bisa mengkombinasikan minat saya dalam kedua hal tersebut serta dengan background saya di bidang Psikologi (karena kalau mengambil S2 semestinya berkesinambungan dengan latar S1-nya)? Kemudian, pekerjaan apakah yang sesuai untuk minat dan skills saya tersebut, yang memiliki prospek yang cerah?
NB: Saya tertarik untuk kuliah S2 dan juga meniti karir di luar negeri

Dear Misha,

Anda tampak sudah memiliki minat dan passion yang cukup mantap di usia Anda yang masih muda. Terlihat dengan upaya-upaya Anda dalam rangka mengejar passion Anda (menjadi guru bahasa Inggris dan menjadi penyiar radio/penyanyi/MC).

Memang semakin muda kita menentukan langkah, akan semakin yakin dengan pilihan karir apa yang akan dijalani kelak. Dari informasi yang Anda berikan, pengalaman Anda cukup beragam, terutama di bidang entertainment dan sebentar lagi menjadi guru bahasa Inggris. Ini membantu Anda semakin mengarahkan diri Anda menuju karir idaman Anda. Mengingat usia Anda yang masih muda, upayakan untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengalaman. Dari pengalaman-pengalaman tersebut, Anda akan belajar memahami passion Anda yang sesungguhnya. Dan menemukan karir yang menggabungkan semua kemampuan dan pengetahuan Anda.

Tidak ada keharusan untuk mengambil S2 yang sejalan dengan S1 Anda. Terutama jika passion Anda bukan di bidang pendidikan formal Anda. Namun pendidikan formal Anda, dapat membantu Anda memahami orang-orang yang nantinya bekerjasama dengan Anda di karir yang Anda geluti nantinya. Contoh dengan menjadi MC profesional, ilmu psikologi Anda akan sangat membantu untuk memahami audience dan klien Anda nantinya, tentunya jika pilihan MC menjadi pilihan karir Anda. Jika tertarik belajar bahasa, mungkin Anda bisa menjadi MC profesional yg mampu berbahasa asing, terutama untuk MC di konsulat-konsulat asing, atau jadi penyanyi berbahasa asing.

Prospek apapun akan cerah, sepanjang Anda memiliki semangat kuat dan tidak putus asa dalam rangka mengejar passion Anda (dan ini sdh tampak muncul dari diri Anda, terlihat dari informasi yang Anda berikan). Semangat dan motivasi diri yg kuat, akan membantu Anda mengambil langkah selanjut. Jadi gunakan masa muda Anda, untuk terus belajar dan memahami diri Anda sendiri.

Salam

andin

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.